UPI YPTK Padang Kembali Turunkan Tim Pengabdian Masyarakat

Foto bersama tim PKM UPI YPTK Padang dengan peserta pelatihan. Ist

PADANG-Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu Tri Dharma perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh dosen Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang. 

PKM kali ini diadakan di Mesjid Nurul Ihsan yang berada di Padang Baru Timur. Kegiatan diikuti remaja Masjid Nurul Ihsan mulai dari tingkat SMA dan Perguruan Tinggi.

Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini dosen-dosen Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang membawakan 3 tema tentang pemanfaatan teknologi. Pertama, Penggunaan Komunikasi Digital Pada Kegiatan Organisasi Remaja Masjid. Kedua Pelatihan Installasi Sistem Operasi" dan Pelatihan Installasi dan Penggunaan Sistem Operasi Open Source.

Untuk tema pertama tentang Penggunaan Komunikasi Digital Pada Kegiatan Organisasi Remaja Masjid dibawakan oleh kelompok ‪Dinda Djesmedi‬, Mellya Rindhani Aditia dan ‪Hari Marfalino. 

Dalam materi itu, mereka menjelaskan berbagai teknologi-teknologi komunikasi yang ada saat ini. Setelah materi diberikan para peserta dituntun untuk mencoba menggunakan dan memanfaatkan taknologi komunikasi yang ada. Tujuannya mempermudah pertukaran informasi serta komunikasi yang ada pada organisasi remaja Masjid Nurul Ihsan. 

"Dari pemberian materi dan praktek ini diharapkan kegiatan-kegiatan remaja Masjid Nurul Ihsan dapat berjalan dengan lebih baik lagi. Karena koordinasi dan pertukaran informasinya yang lebih cepat efisien‬‬‬‬‬," terangnya, Senin (2/2). 

Pada sesi selanjutnya tema yang dibawakan yaitu Pelatihan Installasi Sistem Operasi. Tema ini diberikan oleh kelompok Rini Sovia dan Maha Rani. Pada sesi ini para peserta diberikan materi tentang cara melakukan installlasi windows 10. 

"Sejak pandemi yang terjadi tahun 2020 lalu hampir semua siswa saat ini memiliki laptop atau komputer yang digunakan untuk pembelajaran. Kemampuan untuk melakukan installlasi sistem operasi secara mandiri tentu penting bagi siswa dan mahasiswa untuk menunjang pembelajaran mereka, agar saat terjadi kerusakan sistem operasi siswa dapat segera memperbaikinya tanpa harus ke tempat service lagi," terang Rini.

Sesi terakhir dari kegiatan PKM ini diisi oleh Yuhandri Yunus dan Ricki Ardiansyah dengan tema Pelatihan Installasi dan Penggunaan Sistem Operasi Open Source. Materi pada sesi ini diawali dengan pengenalan tentang sistem operasi open source. Setelah pemberian materi pematerimemberikan kesempatan kepada remaja masjid nurul ihsan untuk mencoba menggunakan sistem operasi open source yang sudah diinstall sebelumnya. 

Sesi ini diakhiri dengan praktek pembuatan installer lalu melakukan installasi pada salah satu laptop yang sudah disediakan untuk praktek. 107


 


0 Comments