Selama Ramadhan Warga Binaan Rutan Kelas II B Anak Air, Lantunkan Ayat Suci Alquran Setiap Waktu

Teks Foto : Suasana warga binaan Rutan Kelas II Anak Air saat melaksanaan pesantren Ramadhan.



PADANG-Selama Ramadan, setiap umat Islam dianjurkan melakukan ibadah dengan sebaik-baiknya. Begitu juga dengan Rutan Klas II B Anak Aia Padang yang kembali menggelar kegiatan pesantren Ramadhan untuk para warga binaan.


Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B Anak Air Padang, Muhammad Mehdi menjelaskan akan menggencarkan kegiatan keagamaan bagi tahanan selama Ramadan 2022. Salah satunya adalah tahfidz quran hingga pesantren Ramadan.

 

"Untuk kegiatan ramadan, kita sudah bicara dengan pengurus masjid dan seksi tahanan. Memang intensitas kegiatan selama Ramadan di masjid akan ditingkatkan," ujar Muhammad Mehdi, Selasa (05/4/2022).


Mehdi berharap dengan kegiatan selama Ramadan ini, para tahanan dapat memanfaatkan sebaiknya. Seperti menamatkan bacaan Alquran dan kegiatan positif lainnya. "Kalau hari biasa sebelumnya 15 orang, nanti selama Ramadhan akan ditingkatkan. Semuanya bergilir," jelasnya.

 

Rutan Klas II B Anak Air setidaknya memiliki hampir 700 orang warga binaan. Selama Ramadhan, Mehdi mengungkapkan pihaknya akan juga mengadakan lomba antar blok tahanan. "Kami akan adakan lomba ceramah antar blok. Untuk tarawih tetap dibuka, tapi bergantian. Misalkan tiga kamar sehari, bergilir," ujarnya.


Diakuinya, banyaknya warga binaan membuat pihak rutan tidak bisa mengeluarkan seluruh tahanan untuk melaksanakan tarawih. Bagi tahanan juga bisa melangsungkan tariwih di dalam kamar. "Kami tidak bisa keluarkan semuanya. Makanya kami akan tambah personel empat sampai lima orang petugas, kita ambil staf. Misal dihari biasa ada 8 petugas, di bulan Ramadhan kita tingkatkan menjadi 13 hingga 15 petugas," tuturnya.


Selama bulan suci Ramadhan,seluruh warga binaan akan melaksanakan pesantren ramadhan dimesjid Baitul Anshar Rutan Padang,setiap harinya ada 15 sampai 20 warga binaan yang belajar agama dengan guru agama yang berada di rutan maupun yang di datangkan langsung dari luar.YL

0 Comments