Imam Masjid Muarolabuah yang Mualaf Itu Meninggal Dunia Saat Shalat, Begini Kronologisnya


SOLSEL-Seorang imam masjid terlihat jatuh, ketika duduk dua antara sujud saat shalat berjemaah. Kondisi itu diketahui setelah sebuah tayangan vidio berdurasi beberapa menit tersiar di media sosial. Belakangan diketahui imam tersebut adalah Imam Masjid Raya Muaralabuh, Kabupaten Solok Selatan.

Sang imam dalam vidio yang terekam CCTV itu, pingsan hingga meninggal dunia. Belakangan diketahui beliau adalah Buya Apriadi. Dia akrab disapa Buya Ap adalah seorang mualaf.

Video Buya Ap yang terekam jelas di kamera CCTV, diunggah oleh akun @info.minang pada Kamis (6/8/2020). Dalam akun tersebut menjelaskan, Buya Ap pingsan ketika memipin shalat Isya berjamaah di Masjid Raya Muaralabuh, Solok Selatan, Sumatra Barat pada Selasa (4/8/2020).

Dalam video tersebut, Buya Ap terlihat tidak sanggup berdiri. Ia tampak hanya duduk di sebelah mimbar. Para jamaah sedang berdiri kemudian tetap lanjut menyelesaikan salat. Tak berapa lama, tubuh Buya Ap ambruk.

Dalam kondisi setengah sadar, Buya Ap masih berusaha untuk bangkit. Namun tubuhnya tidak mampu dan kemudian berguling. Sontak jamaah yang berada paling depan langsung menolong imam masjid itu. Para jamaah yang telah menyelesaikan salat pun ikut membantu menolong Buya Ap.

“Saat akhir shalat beliau pingsan tidak sadarkan diri dan langsung dilarikan ke RSUD Solok Selatan,” tulis instagram @info.minang.

Rekaman CCTV yang memperlihatkan detik-detik Buya Ap pingsan hingga akhirnya meninggal dunia ini telah disaksikan lebih dari 60 ribu kali. Setidaknya ada 163 komentar di sana, pada Jumat (7/8/2020).

Buya Ap adalah seorang mualaf yang telah lama mendalami Islam. Ia bekerja sebagai pedagang tahu di kota Muaralabuh. Warganet memanjatkan doa dan memberi ucapan duka cita atas meninggalnya Buya Apriadi. Setidaknya sudah 63 ribu lebih rekaman  CCTV itu ditayangkan.

“Innalillahi Wainnailaihi Rojiun, semoga Alm Husnul Khotimah. Aamiin Ya Rabbal Aalamiin,” tulis @desmichatib. YL