Tiga Gubernur Sumbar Hadir dalam Peresmian Masjid Raya Syekh Ahmad Khatib al-Minangkabawi


PADANG
- Peresmian nama baru Masjid Raya Sumatera Barat menjadi Masjid Raya Syekh Ahmad Khatib al-Minangkabawi pada Minggu (7/7/2024) menjadi momen istimewa bagi Sumatera Barat. 

Selain menandai penghormatan kepada ulama besar asal Minang, momen ini juga menghadirkan kebanggaan tersendiri karena dihadiri oleh tiga gubernur Sumbar, yaitu Irwan Prayitno (2010-2021), Gamawan Fauzi (penggagas Masjid Raya), dan Mahyeldi Ansharullah (pemberi nama baru Masjid Raya Sumbar).

Apresiasi dari Berbagai Pihak

Kehadiran ketiga gubernur ini disambut antusias oleh berbagai pihak. Hj Nevi Zuairina, salah satu tokoh masyarakat Sumbar, mengungkapkan rasa bangganya atas momen ini. 

"Kami bangga, tiga gubernur tentu tak sekedar duduk bersama saja, harus lanjut kolaborasi dan sinergisitasnya untuk percepatan pembangunan Sumbar dan sejahtera masyarakatnya," ujar Hj Nevi Zuairina.

Wartawan senior Sumbar, Khairul Jasmi, juga menyampaikan apresiasinya dengan cara yang unik, menggunakan bahasa Minang. "Jan pai lu, betigo ko aset kami lai, jangan pergi pula, bertiga ini aset kami (Sumbar)," ujar Khairul Jasmi. Ucapan ini disambut dengan pantun balasan dari Irwan Prayitno dan Gamawan Fauzi, menunjukkan keakraban dan kekompakan mereka.

Peresmian yang Bersejarah

Acara peresmian nama masjid ini juga dihadiri oleh 58 orang cucu cicit Syekh Ahmad Khatib al-Minangkabawi. Mereka turut memberikan sambutan dalam bahasa Arab, yang kemudian diterjemahkan oleh Ustaz Rohimul Amin.

Pemilihan nama Syekh Ahmad Khatib al-Minangkabawi untuk masjid ini sendiri telah melalui proses panjang dan pertimbangan matang. MUI Sumbar telah mengadakan rapat berkali-kali saat masjid sedang dibangun untuk memutuskan nama yang tepat.

Masjid dengan Arsitektur Menakjubkan

Masjid Raya Syekh Ahmad Khatib al-Minangkabawi merupakan salah satu dari 7 masjid dengan arsitektur terindah di dunia. Keindahannya pun diakui oleh banyak pihak, termasuk Dirut Semen Padang, Indrieffouny Indra.

Peresmian nama baru Masjid Raya Sumbar menjadi Masjid Raya Syekh Ahmad Khatib al-Minangkabawi menjadi momen penting bagi Sumatera Barat. Momen ini tidak hanya menandai penghormatan kepada ulama besar, tetapi juga menunjukkan kebanggaan dan kekompakan masyarakat Sumbar, serta membuka peluang kerjasama dan kemajuan di masa depan.



0 Comments