Pentingnya, Audit Energi Listrik pada Pabrik Produksi Beton







Adeki Nopenra
Mahasiswa Teknik Elektro Institut Teknologi Padang


Penggunaan energi listrik saat ini telah meningkat dengan pesat. Baik dalam sektor industri maupun kebutuhan rumah tangga. Energi listrik merupakan salah satu kebutuhan masyarakat yang sangat penting dan sebagai sumber daya ekonomis yang paling utama dibutuhkan di berbagai kegiatan masyarakat modern. 

Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat modern dengan sistem informasi dan komunikasi yang maju, kebutuhan akan listrik mutlak diperlukan. Perusahaan industri saat ini biasanya terkait erat dengan penggunaan energi listrik sebagai unit energi, yang memainkan peran penting dalam pengembangan industri yang berkelanjutan.

Sejalan dengan pertumbuhan perekonomian yang berdasarkan tantangan dari keadaan yang di hadapi oleh umat manusia dalam meningkatkan derajat hidupnya. Bagian dari penurunan kualitas daya adalah penurunan efisiensi energi. Sehingga dapat dikatakan bahwa kualitas energi listrik merupakan salah satu parameter yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan energi listrik di lokasi. 

Aspek dasar dan kebutuhan pengadaan tenaga listrik juga sesuai dengan perkembangan, terutama dalam beberapa tahun terakhir ini.  Mengingat banyak Di sektor-sektor selain industri ketenagalistrikan yang membutuhkan dana untuk pembangunan, pengembangan sektor ketenagalistrikan merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk diperhatikan.

Beban - beban motor, elektronik dan penerangan, tidak berjalan secara bersamaan. Kemudian produksi listrik perusahaan harus memenuhi persyaratan teknis dan ekonomis baik listrik yang dialirkan dalam KW maupun energi yang digunakan untuk mengoperasikan seluruh fasilitas yang ada sebuah perusahaan beton di Kota Padang dan KW haruslah menyediakan sebesar beban yang terpasang. 

Beban-beban pada perusahaan beton yang pernah didatangi penulis terdiri atas beberapa macam, beban-beban motor, elektronik dan penerangan. Karena beban-beban tersebut tidak beroperasi pada waktu yang bersamaan. Maka daya listrik yang dinyatakan dalam kilowatt harus dapat mengaliri semua beban jika semua beban beroperasi pada waktu yang sama. Penggunaan tenaga listrik pada perusahaan beton dapat mengalami kestabilan. sebab daya yang dipergunakan tiap hari rata-rata sama atau seimbang tergantung penggunaan beban. 

Jadi besarnya beban akan berpengaruh sekali terhadap daya listrik yang dipakai dan pihak dari perusahaan ini merasa pembayaran listrik tidak sesuai dengan beban yang terpakai. Pihak owner merasa terbebani mahalnya membayar listrik khususnya di pabrik produksi beton, Dengan mengoptimalisasi kinerja dari kebutuhan energi listrik di pabrik produksi beton, dapat mengurangi terjadinya berbagai masalah yang terjadi di perusahaan beton sehingga dapat menghasilkan kebutuhan energi listrik yang sesuai. 

Tak hanya itu juga dapat menghasilkan kebutuhan energi listrik yang diinginkan pada perusahaan beton tersebut.

Audit kebutuhan energi pada perusahaan beton Padang ini bertujuan untuk mengevaluasi pemakaian energi listrik pada pabrik produksi beton di perusahaannya. Dan untuk mengetahui kebutuhan energi listrik di pabrik produksi beton. Hal ini diharapkan agar sebuah perusahaan dapat memanfaatkan energi listrik secara efisien pada tahun ke depannya. (*)

0 Comments