Pengaruh Kontaminan ESDD dan NSDD Terhadap Tegangan Flas Over di Saluran Transmisi 150 KW Koto Panjang- Payakunbuh

 


Rackel Jesika

Mahasiswa Teknik Elektro Institut Teknologi Padang

Tegangan flashover adalah kejadian yang terjadi ketika tegangan di atas isolator melebihi ambang batasnya dan menyebabkan terjadinya busur api atau gangguan listrik. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi simulasi yang dilakukan untuk memahami pengaruh kontaminan, seperti debu dan polusi, terhadap tegangan flashover pada isolator. Di Sistem saluran transmisi 150 kV Koto Panjang – Payakumbuh diSumatera Barat dengan Panjang saluran 86 km dengan IKL sebesar 174 hari//tahun, dan memiliki 248 menara, denganjumlah flashover tertinggi wilayah Koto Panjang - Payakumbuh terjadi diarea perbukitan yaitu sebesar82%, sawah 16%, dan gurun 2%. Iklim udara Koto Panjang - Payakumbuh memilikicurah hujan yang sangat tinggi,dan daerah rawanpetir. Untuk menganalisis pengaruh kontaminan ESDD terhadap tegangan flashover isolator saluran transmisi di Koto Panjang- Payakumbuh, dengan menggunakan metode perhitungan Andersonserta disimulasikan menggunakan EMTP – ATP. Jenis Kontaminan Polusi dari Laut, polusi dari industri, polusi dari padang pasir, dan polusi dari gunung berapi.

Pada penelitian Tugas Akhir ini adalah lebih dari 60% daerah Koto panjang-Payakumbuh memiliki tower yang berada di area perbukitan, maka secara kelembapan isolator yang berada di ketinggian akan mengalami kontaminan yang tinggi, dengan tingginya kontaminan akan menyebabkan terjadinya flashover yang besar dan mengakibatkan kegagalan pada saluran transmisi, dengan itu diperlukan simulasi atau pemodelan bentuk pengaruh kontaminan ESDD dan NSDD terhadap tegangan flashover pada isolator menggunakan software EMTP-ATP Draw pada daerahKoto Panjang-Payakumbuh di saluran transmisi 150 kv.

Kontaminan ESDD dan NSDD

Metode umum yang digunakan untuk menentukan tingkat polusi adalah metode ESDD (Equivalent Salt DensityDeposit) dan metode tinjauan lapangan. Pengotoran permukaan isolator, umunya disebabkan karena adanya bahan polutan yang menempel pada permukaan isolator seperti bahan polutan debu, abu terbang, pasir, garam. Tingkat polutangaram yang berada pada permukaanisolator dapat mempengaruhi kemampuan dielektrik isolator tersebut. NSDD menentukan jumlah non larut, metode yang bertujuan untuk menghitung tingkat polutan yang tidak mengandung kadar garam dan tidak larut dalam air, contohny debu dan lumut, yang dapat mengurangi kemampuan isolator untuk mengisolasi konduktor. Ini dapat menyebabkan tegangan flashover lebih mudah terjadi.

EMTP-ATP DRAW (ELEKTROMAGNETIK dan Transient Program )

Perangkat lunak AlternativeTransients Program (ATP- Draw) adalah pra-prosesor gratis yang digerakkan mouse ke versi ATP dari program Transien Elektromagnetik, yang merupakan versi dari EMTP adalah alat yang mampu digunakan untuk mengevaluasi unjuk kerja transformator arus. Dengan adanya software tersebut maka dapat mensimulasikan pengaruh kontaminan terhadap tegangan flashover.

simulasi pengaruh kontaminan terhadap tegangan flashover menggunakan software EMTP-atp disaluran koto panjang payakumbuh bertujuan untuk kontaminan ESDD dan NSDD terhadap tegangan flashover disaluran transmisi Koto Panjang-Payakumbuh dengan memodelkan Karakteristik dengan arrester dan tanpa arrester.

0 Comments