Industri Halal Sumbar Mendunia, Begini Bentuk Dukungan Wapres Ma'ruf Amin


Wapres RI, Ma'ruf Amin, memukul gong sebagai tanda dibukanya Minangkabau Halal Festival di Auditorium UNP Air Tawar Padang, Jumat (8/9).

PADANG-
Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin mendukung industri halal Sumatera Barat (Sumbar) mendunia dan menjadi teladan untuk seluruh Indonesia maupun banyak negara di dunia. Apalagi makanan halal kini tidak hanya menjadi gaya hidup orang Islam, tapi juga tak sedikit non Muslim yang juga sangat suka produk halal.

Makanan halal terkenal higienis, tidak hanya dari segi unsurnya, tapi juga dari cara mendapatkannya, prosesnya, dan cara memakannya. Dari segi unsurnya sudah jelas halal statusnya bukan haram, seperti babi, anjing, dan lainnya.

"Juga dari proses penyembelihannya, membersihkannya, wadahnya, orang yang memasaknya, dan tempat menghidangkannya. Jika semua sudah halal, maka halal pula status makanan tersebut," kata Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin, saat membuka acara Minangkabau Halal Festival di Auditorium UNP Air Tawar Padang, Jumat (8/9).

Ia mengatakan, Sumbar dengan masyarakat Minangnya sudah identik dengan makanan halal, karena 100 persen orang Minang beragama Islam. Rumah makannya ada di seluruh dunia, aman dimakan oleh semua kalangan tanpa memandang agama.

"Maka satu hal yang tepat jika Sumbar menjadi ikon halal dunia dan menjadi teladan dunia, untuk industri halal," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Wapres juga menyinggung ekonomi global yang masih dibayangi ketidakpastian, karena berbagai krisis yang melanda dunia saat ini. Namun di sisi lain, pasar keuangan syariah terus tumbuh dan meningkat signifikan dari tahun ke tahun.

Maka dari itu literasi keuangan syariah harus ditingkatkan menjadi 50 persen, agar pasar syariah terus berkembang dan dikenal masyarakat.

"Kita harus memasyarakatkan ekonomi syariah dan mengsyariahkan ekonomi masyarakat. Ini harus menjadi tujuan utama," tambahnya.

Menurutnya, potensi yang sudah ada harus dikembangkan dan Sumbar harus menjadi contoh dari perkembangan ekonomi syariah di Indonesia dan mancanegara.

Masyarakat ekonomi syariah memegang peranan penting dalam pengembangan ekonomi syariah di tengah-tengah masyarakat. Prestasi Sumbar operator wisata halal terbaik, destinasi halal terbaik dan terbaik lainnya, hendaknya terus ditingkatkan menjadi lebih baik lagi.

Sumbar harus terus mengembangkan produk unggulan yang spesifik seperti rendang yang sudah mendunia. Jika makin banyak makanan Sumbar yang mendunia, tentu gaung halal semakin membahana.

Sementara Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, mengatakan sebagai salah satu upaya mempercepat industri halal di Sumbar, telah melakukan sertifikasi halal pada semua elemen pendukung seperti rumah potong hewan halal, rumah potong unggas halal, kawasan halal, produk-produk UMKM bersertifikasi halal dan lainnya.

"Kita akan terus dorong UMKM akan mendapatkan sertifikat halal, sehingga tidak ada keraguan lagi akan kehalalannya," ucapnya.

Sedangkan Rektor UNP, Ganefri, mengucapkan selamat mengikuti rangkaian acara Minangkabau Halal Festival di UNP. UNP bangga karena dipilih menjadi tempat kegiatan halal Festival yang pertama di luar Jawa.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan Penyerahan sertifikat halal oleh Gubernur pada UMKM. Di tempat acara, juga ada pemberian sertifikat halal secara gratis. HN


0 Comments