-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Lapau Piaman Hadir di Padang

Tuesday, 15 March 2022 | 16:59 WIB Last Updated 2022-03-15T09:59:17Z
Lontong gulai cubadak dan gulai paku. Ist


PADANG-Aneka kuliner di Sumbar, khususnya Kota Padang terus berkembang pesat. Beragam makanan disajikan pedagang untuk memanjakan lidah masyarakat yang hingga kini masih terbelenggu pandemi Covid-19.


Lapau Piaman, salah satu penyedia kuliner aneka khas makanan Piaman. Di sana akan dan telah menjual aneka makanan khas Piaman. Mulai dari yang berat hingga yang ringan. 


Juragan Lapau Piaman, Syaharman Zahar, mengatakan kehadiran Lapau Piaman untuk mengenalkan dan menghidupkan kembali aneka makanan khas Piaman yang telah mulai ditinggalkan generasi muda.


"Di sini telah dan akan ada aneka makanan khas Piaman. Kami baru buka beberapa minggu belakangan. Jadi masih banyak bopet yang belum terisi. Makanya kami membuka peluang bagi pedagang untuk menjual aneka makanan dan masakan Piaman," terang Syaharman Zahar, wartawan  belum lama ini.


Untuk bisa berjualan di Lapau Piaman, seorang pedagang harus berasal dari Piaman. Sebab dia benar-benar berkeinginan mengumpulkan pengusaha asal Piaman dengan aneka masakan dan makanan serta minuman yang menggugah selera semua orang, khususnya orang Piaman. 


Menurutnya, seiring berjalannya waktu, aneka makanan dan masakan serta minuman khas Piaman seakan tergilas oleh waktu. Sebab saat ini generasi muda lebih banyak mengenal dan mengkonsumsi aneka makanan siap saji yang diproduksi luar negeri. 


Kondisi itu sangat miris bagi Syaharman, sebab makanan khas dari masing-masing daerah di Sumbar makin tak dikenal generasi milenial. 


"Di Lapau Piaman ini nantinya anak muda kita bisa mengenal kembali aneka makanan, masakan dan minuman khas Piaman," terangnya.


Sebut saja, nasi sek piaman dijual Rp2.500 per bungkus, katupek aneka gulai dijual Rp8.000 terendah. Kemudian ada nasi kunyik pakai kuah kolak, ada kampiun untuk sarapan pagi yang dibuka mulai dari pukul. 07.00-10.00 WIB. 


Kemudian untuk makanan berat seperti gulai kepala ikan. Dijual dengan harga Rp30 ribu hingga Rp76 ribu per porsi. 


"Semua masakan, makanan dan minuman di Lapau Piaman dibuat dan dioleh oleh orang Piaman. Jadi masyarakat tak perlu ragu terkait rasa makanan yang kami sediakan," sambungnya.


Sementara, selain makanan khas Piaman, di Lapau Piaman rencananya juga akan dijual aneka makanan kekinian. Tujuannya untuk merangkul anak muda ke lapau yang terletak di simpang tiga Ulak Karang Padang atau simpang eks Bioskop Indah Theater Padang. 


"Anak muda punya selera kekinian, makanya kami juga menyediakan aneka makanan kekinian tersebut. Nah, ketika mereka duduk, minun dan makan, setidaknya mereka tahu jenis makanan khas piaman. Jika mereka tertarik, tentu akan mencobanya," pungkas Syaharman Zahar. YL

×
Berita Terbaru Update