arrow_upward

Di Payakumbuh, Pelaku Usaha Baru dan Calon Pengusaha Diberi Pelatihan

Sunday, 27 March 2022 : 19:57

Ilustrasi


PAYAKUMBUH-Sebanyak 50 orang perwakilan pelaku usaha Industri Kecil dan Menengah (IKM), yang baru saja memulai usaha serta calon pengusaha di Kota Payakumbuh, mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan penumbuhan wirausaha baru. Kegiatan itu dilaksanakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sumatera Barat, yang digelar di sebuah hotel di Payakumbuh, selama selama empat hari.


Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh Yunida Fatwa, kepada wartawan, Sabtu (26/3), mengatakan, kegiatan pelatihan yang digelar Disperindag Provinsi Sumbar itu, juga disupor oleh Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Payakumbuh. "Kami menyampaikan terima kasih kepada Disperindag Provinsi Sumbar, yang telah memberikan kesempatan kepada peserta masyarakat Kota Payakumbuh untuk mendapatkan pelatihan ini," ujarnya.


Menurutnya, program yang digelar ini sejalan dengan misi walikota Payakumbuh yakni mewujudkan sumber daya manusia yang handal, sehat dan kompetitif. Serta membangun perekonomian yang tangguh, unggul, berdaya saing dan berkeadilan dengan berbasis ekonomi kerakyatan. "Harapan kami kedepannya, setelah mengikuti pelatihan ini akan tercipta para wirausaha dan pelaku industri muda dan baru yang mandiri, profesional. Dan kami juga berharap agar pelatihan semacam ini lebih banyak lagi di Kota Payakumbuh," tambahnya.


Dikatakan mantan Kadisdukcapil yang banyak meraih prestasi itu, kepada peserta yang telah mengikuti pelatihan agar bersyukur karena tidak semua masyarakat bisa berkesempatan mengikuti kegiatan ini. Sebab jumlah peserta terbatas, untuk itu dirinya berharap peserta mampu memanfaatkan waktu dan aktif menggali ilmu dari narasumber. "Semoga ilmu yang diberikan narasumber dapat diaplikasikan dalam menjalankan usaha, demi membangun ekonomi keluarga dan kota kita tercinta ini," katanya.


Sebelumnya, Sekretaris Disperindag Provinsi Sumbar Syafrizal, secara terpisah usai membuka kegiatan, mengatakan, pelatihan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan guna mendukung pelaksanaan program unggulan Provinsi Sumatera Barat, yang salah satunya adalah menciptakan 100.000 entrepeneur dan woman entrepeneur baru.


"Target besar ini tentu membutuhkan dukungan dan support dari pemerintah kota/kabupaten. Dukungan tersebut sangat terasa sekali bagi kami, ketika awal berkoordinasi dengan Disnakerin kota Payakumbuh, dimana bidang perindustriannya sangat terbuka dan menerima sekali apa yang telah kami sampaikan. Bahkan membantu menghadirkan para wirausaha baru dalam mengikuti pelatihan. Untuk itu, kami sampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Payakumbuh yang telah memberikan dukungan dan supornya," ucapnya.


Ditambahkannya, pelatihan digelar dalam rangka memberikan pengetahuan serta motivasi kepada para calon pelaku usaha maupun industri kecil menengah yang baru merintis. Sehingga tercipta mental wirausaha kuat dan profesional di Kota Payakumbuh. "Kami berharap selama mengikuti kegiatan ini, seluruh peserta aktif serta harus bersemangat. Semoga kedepannya Kota Payakumbuh terbentuk dan bertumbuhan wirausaha muda yang kreatif dan mandiri," tutupnya. BL