arrow_upward

Jangan Abai, Pasien Positif Omicron di Sumbar Terus Bertambah

Thursday, 3 February 2022 : 23:19

 


PADANG-Angka positif Covid-19 di Sumbar kembali merangkak naik. Mereka yang positif Hampir semuanya terpapar covid varian baru Omicron.


“Saya hanya menginformasikan bahwa PR kita sudah naik ke angka 7%, dan hampir 100%, orang yg positif di Sumbar adalah omicron. PR kita tinggi, jelas karena tracing tidak optimal, rasio tracing masih 3-4. Cepatnya kita mencapai 100%, salah satunya ada yang salah dengan prokes,” kata Kepala Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Universitas Andalas Padang, dr. Andani Eka Putra, dalam grup WhatsApp Kawal Covid  Sumbar, Kamis pagi (3/2).


Menurutnya, prokes harus segera diperketat kembali sebagai antisipasi penekanan kasus positif di Sumbar. Sebab saat ini prokes di masyarakat sudah kian longgar dibanding 2021 lalu.


“Saya hanya bisa memberi sarn dan usulan. Ini sudah saya sampaikan, kita tingga menunggu. Jika prokes tidak diperketa, siap-siap kasus bakal naik seperti yang diprediksi ahli,” terang Andani.


Sementara, di RSUP M. Djamil Padang saat ini terdapat dua pasien yang dirawat karena Omicron. Satu pasien berjenis kelami laki-laki dari Sumbar dan satu pasien lainnya perempuan dari Jakarta.


Direktur Pelayanan Medi, Keperawatan dan Penunjang RSUP M. Djamil Padang, dr. Rose Dinda Martini, SpPD, KGer, kepada Singgaang menjelaskan dua pasien tersebut mengalami gejala sedang. Namun satu di antara pasien dengan penyakit penyerta yakni jantung.


“Pasien dengan penyakit penyerta sekarang menggunakan ventilator. Berdasarkan pemeriksaan diketahui hasil SGTF  probable Omicron,” jelasnya.


Antisipasi


Di sisi lain, RSUP M. Djamil juga sudah menyiapkan tempat tidur jika terjadi lonjakan kasus Omicron. 


"Tempat tidur disesuaikan dg lonjakan pasien Covid," terang Rose.



Saat ini, sebutnya, tersedia 34 tempat tidur untuk pasien covid. Sedangkan yang sudah terisi tujuh pasien positif, sebagian dari mereka terpapar Omicron. 


Sementara, total sampai hari ini sebanyak 90.065 warga Sumbar terinfeksi covid-19. Terjadi penambahan 55 orang warga Sumbar positif terinfeksi covid-19 dan terjadi penambahan 1 orang sembuh, total sembuh 87.744 orang 


Jumlah Spesimen Diperiksa 1.167.880. Jumlah Orang Diperiksa 818.927

 


Total komulatif kasus konfirmasi 90.065 orang, dengan rincian:


Kasus Aktif 166 orang (0,18%)


Meninggal dunia 2.155 orang (2,39%)


Sembuh 87.744 orang (97,42%)


Tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso dibawah pimpinan dan penanggungjawab Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc dan melaporkan 709 orang diperiksa (Padang 534 orang, Baso 49 orang, SPH 68 orang, Bukittinggi 15 orang dan Labkes 43 orang), terkonfirmasi positif 55 orang dan sembuh bertambah 1 orang. YL