arrow_upward

Bus Rute Padang Sidempuan-Jambi Tabrak Jembatan Layang Padang Panjang, Belasan Penumpang Luka-luka

Sunday, 30 January 2022 : 16:07



 

PADANG PANJANG- Bus rute Padang  Sidempuan-Jambi menabrak kolong Fly Over (jembatan layang) Simpang Lapang, Bukit Surungan, Padang Panjang, Minggu  (30/1) pagi sekitar pukul 06.00 WIB.



Akibatnya, bus jenis Marcedes merk dinding PT. Sipirok Nauli itu mengalami kerusakan parah. Sementara sopir dan 17 orang penumpangnya mengalami luka-luka.



Kasat Lantas Polres Padang Panjang Iptu Aldi Lazuardi menuturkan, kecelakaan tunggal itu terjadi diduga karena sopir tidak mengetahui kolong jembatan layang bagian timur itu tidak bisa dilewati bus ataupun truk.

 




Kolong jembatan layang itu hanya bisa dilewati kendaraan dengan tinggi maksimal 2,2 meter. Tinggi bus ataupun truk umumnya melampaui 2,2 meter.



Bus yang dikemudikan oleh Manalu itu sendiri datang dari arah Bukittinggi menuju arah Jambi. Bus dengan kecepatan tinggi itu lalu menabrak fly over.



“Sopir tidak tahu rutenya salah. Seharusnya bus lewat kolong bagian barat, yang tinggi jembatannya aman untuk kendaraan tinggi seperti bus ataupun truk,” terang Aldi.



Jelang melewati kolong jembatan layang itu sebenarnya sudah ada rambu pemberitahuan. Di jembatan itu juga dituliskan tinggi maksimal kendaraan yang bisa lewat.

 

                                       




Namun sopir ada yang tidak memperhatikan dengan seksama rambunya, sehingga masuk ke jalur yang salah. Apalagi ketika kecepatan kendaraan tinggi, maka tabrakan tidak bisa dihindari.



“Kita ingatkan kepada seluruh pengemudi bus maupun truk, jangan lewat kolong bagian timur, karena tingginya hanya 2,2 meter. Kalau dari arah Bukittinggi, sebaiknya lewat Terminal Busur atau lewat kolong fly over bagian barat,” pesannya.



Kecelakaan di kolong fly over itu sudah berulang kali terjadi. Penyebabnya, sopir tidak tahu jika jalur itu maksimal 2,2 meter. Ada yang mengusulkan dilakukan penggalian di bawahnya, namun hal itu tidak mungkin dilakukan, karena bisa membahayakan tiang jembatan.JM