-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Asrama Haji Tabing Padang Kembali jadi Tempat Isolasi Mandiri Pasien Covid

Monday, 12 July 2021 | 07:54 WIB Last Updated 2021-07-12T00:54:53Z
Asrama Haji Tabing. Antara


PADANG-Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mempersiapkan Asrama Haji Padang untuk tempat isolasi mandiri sebagai salah satu langkah antisipasi naiknya jumlah kasus COVID-19.


"Kita sudah koordinasikan untuk menjadikan Asrama Haji sebagai tempat isolasi mandiri agar mudah diawasi tidak seperti isolasi di rumah pasien," kata Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy saat mengikuti Rapat Koordinasi Evaluasi Implementasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di ruang rapat Kantor Gubernur, Jumat (9/7/2021).


Disebutkannya, dari hari kehari jumlah kasus positif Covid-19 di Sumbar terus meningkat. Sedangkan tempat isolasi yang disediakan di Komplek Nelayan Padang dalam beberapa waktu belakang penuh. Akibatnya banyak pasien positif Covid-19 dengan gejala ringan harus isolasi di rumah sendiri. 


"Asrama Haji sudah disiapkan, tinggal menyiapkan petugas yang akan melayani pasien saja serta berbagai persiapan lainnya," kata Audy. 


Asrama Haji Tabing Padang sebelumnya pada 2020 juga menjadi tempat isolasi mandiri bagi pasien positif Covid-19. 


Tahun lalu, di Asrama Haji Padang, saat ini memiliki 600 tempat tidur. Tempat tidur yang bisa dipakai sekitar 276 unit. Semuannya dipersiapkan untuk menampung pasien covid-19 yang memiliki gejala ringan.

 

Di Asrama Haji dilengkapi dengan sarana yang sangat memadai, bahkan tempat olahraga untuk menguatkan imun tubuh pasien covid-19.


Pada kesempatan itu, Audy mengajak masyarakat di Sumbar untuk bersama-sama dan senantiasa disiplin melaksanakan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19, yaitu dengan cara selalu memakai masker saat di luar rumah, cuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.


“Dengan cara itulah kita bisa menekan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Sumbar secara efektif,” ujarnya. YL

×
Berita Terbaru Update