-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tim Damkar Payakumbuh Kini Punya Pakaian Aluminized

Monday, 1 March 2021 | 20:45 WIB Last Updated 2021-03-01T13:45:15Z


pakaian anti api Aluminized

PAYAKUMBUH
-Pada Hari Ulang Tahun Damkar ke-102 Tim Damkar Payakumbuh memiliki pakaian anti api Aluminized. Perlengkapan tempur itu baru bisa dimiliki tim diawal 2021.


Pakaian aluminized terbuat dari serat akrilik dimodifikasi melalui inti benang fiberglass, aluminized satu sisi yang tahan terhadap sumber panas yang dipantulkan. Kain aluminized cahaya memberi perlindungan yang baik untuk pakaian keselamatan


"Iya, pakaian anti api ini memang baru bisa kita beli pada belanja di tahun kemarin. Dan baru dapat direalisasikan akhir tahun 2020 lalu," ujar Kepala Dinas Pol-PP dan Damkar Kota Payakumbuh melalui Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Budi Kurniawan, saat ditemui dalam giat pembagian masker tersebut, Senin (1/3).


Kabid Damkar itu juga turut mengatakan, jika pakaian anti api bukan yang pertama. Tapi beberapa waktu yang lampau, dinas Damkar Kota Payakumbuh telah memiliki pakaian anti api ini. "Dan karena pakaian tersebut telah rusak dan tidak bisa dipakai lagi. Maka pihak damkar kembali mengusahakan  agar dapat memiliki pakaian anti api dengan pembaharuannya,” tambah Budi.


Sementara itu, salah seorang petugas Damkar kota Payakumbuh Afrizal, yang merupakan petugas dalam menggunakan pakaian anti api Aluminized itu, turut menyampaikan jika pakaian ini sudah lama diinginkan ada di dinas Damkar kota Payakumbuh. 


"Alhamdulilah saat ini pakaian anti api sudah dapat hadir di dinas Damkar kota Payakumbuh. Dan tentunya dengan hadirnya pakaian Aluminized ini, akan dapat meningkatkan semangat etos kerja rekan-rekan dalam memadamkan serta menyelamatkan warga yang mengalami musibah kebakaran,” ucapnya.


Selain itu, Afrizal juga mengungkapkan, bahwa pakaian anti api Aluminized ini kalau bisa ditambah lagi di dinas Damkar kota Payakumbuh. Karean keberadaan pakaian ini sangat dibutuhkan oleh anggota yang bertugas di pemadam.


"Saat ini Damkar kita memiliki tiga regu dan dengan kapasitas yang ada ini, setidaknya minimal untuk pakaian anti api ini harus dimiliki oleh satu personil pada setiap regunya. Kalau bisa saat pembelian pakaian anti api tersebut, juga sepaket dengan satu unit perlengkapan tabung oksigen yang juga anti api. Karena akan membantu petugas dalam bertugas untuk memadamkan api. Mudah-mudahan harapan kami di pemadam, untuk pakaiab dab tabung oksigen dapat ditambah untuk pembelian ditahun yang sama ini,” harapnya. YL



×
Berita Terbaru Update