-->

Notification

×

Iklan

Iklan

BLK Asah Skill Pemuda Sumbar, Tekan Angka Pengangguran

Thursday, 4 March 2021 | 18:11 WIB Last Updated 2021-03-04T11:11:37Z
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy didampingi Kepala BLK Padang, Syamsi Hari melihat fasilitas yang ada di BLK Padang, Kamis (4/3).ist


PADANG-Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy mendorong anak-anak muda Sumbar dapat memanfaatkan Balai Latihan Kerja (BLK) Padang. Karena dengan memiliki skill, akan terbuka peluang kerja, termasuk ke luar negeri.


Hal itu disampaikannya, usai mengunjungi BLK Padang bersama Ikatan Pengusaha Muslim Indonesia, Kamis, (4/3). Menurutnya, dengan memanfaatkan BLK, maka dapat menekan angka pengangguran.


"Jika sudah punya skill akan ada peluang kerja. Termasuk ke luar negeri. Ini juga dapat mengurangi pengangguran di Sumbar,"sebutnya.


Diakuinya, dirinya cukup kaget dengan fasilitas pelatihan yang tersedia di BLK Padang. Karena dengan dukungan fasilitas latihan yang ada, dapat dimanfaatkan oleh pemuda di Sumbar.


"Ini saya benar-benar baru tahu ada fasilitas pelatihan selengkap ini di Padang. Ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan skill anak muda Sumbar,"katanya.


Disebutkannya, dengan 45 jens pelatihan yang tersedia cukup banyak untuk dapat menekan angka pengangguran. Diantaranya pelatihan barista atau mengolah berbagai jenis minuman kopi, pelatihan membuat kue, akting, service ac, automotif dan banyak pelatihan lainnya.


"Kesempatan bagi pemuda di Sumbar, punya skill dibidang tertentu. Bisa ke luar negeri sebagai tenaga kerja skill, bukan buruh. Membuka pandangan saya sebagai orang baru di Sumbar. Ke depan kita banyak minta bantuan,"katanya.


Menariknya, yang menjadi instruktur pada BLK Padang tersebut sebanyak 90 adalah dari Sumbar. "Ini mematahkan pikiran orang, bahwa orang Sumbar tidak bisa kerja begini. Ini sesuatu yang sangat luar biasa, ini harapan baru,"ujarnya.


Pada kunjungan itu, Audy didampingi Kepala BLK Padang, Syamsi Hari. Selain itu juga hadir Ketua IPEMI, Fitri Majid.


Kepala BLK Padang menyebutkan pihak siap bekerjasama untuk memberikan pelatihan secara gratis bagi pemuda Sumbar. Saat ini ada 11 tekni pelatihan yang tersedia. Jika dibagi dalam sub pelatihan, ada 45 pelatihan yang bisa didapatkan di BLK Padang.


Disebutkannya, diperlukan singkronisasi program daerah dan pemerintah pusat, melalui BLK Padang. Dimana, kegiatan pelatihan berbasis kompetensi yang ada di BLK Padang. Seperti sub kejuruan kontruksi bangunan, otomotif, perhotelan dan kejuruan lainnya dapat di sinkronisasikan dengan pemerintah daerah. Sehingga ada peningkatan kualitas sumber daya manusia masyarakat Sumbar. 


"Kami mengapresiasi kunjungan Wagub Sumbar , dengan melihat langsung fasilitas dan program pelatihan yang ada di BLK Padang. Pemerintah daerah bisa bersinergi untuk membangun sumber daya manusia menuju Indonesia Kompeten,"sebutnya.YS

×
Berita Terbaru Update