-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Ratusan Guru di Payakumbuh Jalani Swab Test

Wednesday, 19 August 2020 | 08:15 WIB Last Updated 2020-08-19T01:20:29Z
Petugas kesehatan Kota Payakumbuh melakukan swab test kepada para guru di kota tersebut. Ist
PAYAKUMBUH-Pemko Payakumbuh kembali memfasilitasi para guru melaksanakan swab test di daerahnya. Setidaknya ada 300-an guru yang menjalani test untuk mengetahui seseorang terjangkit Covid-19 atau tidak.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, diwakili Sekretaris Wawan Sofiandi, mengatakan guru yang mengikuti swab test adalah guru PAUD, SD, SMP dan SMA.

"Setidaknya ada 300-an guru yang menjadi swab. Ini swab test kedua untuk tenaga pengajar di Payakumbuh," kata Wawan, Rabu (19/8).

Dikatakannya, swab pertama untuk guru dilakukan minggu lalu dan diperuntukan bagi guru berusia 40 tahun ke atas.  Pada sesi pertama ada sebanyak 286 guru yang melangsungkan swab test. Dan hasil dari sesi pertama itu sudah keluar. Semuanya negatif dari virus Covid-19.

"Mudah-mudahan yang ikut swab test tahap kedua ini juga negatif semuanya. Sehingga tidak ada lagi guru kita yang tertular Covid-19 ini. Selain itu, kita juga menghimbau agar seluruh guru di Kota Payakumbuh bisa mengikuti swab test menjelang PBM dilangsungkan. Kita telah menyediakan waktu dalam dua sesi ini, jika masih ada guru yang belum bisa hadir pada sesi kedua ini karna suatu halangan, maka akan kita tunggu sampai hari esok. Karna kita akan melanjutkan swabnya besok,” ujarnya.

Disebutkan Sofiandi, tenaga medis yang diturunkan untuk  swab test merupakan tenaga ahli dari Kota Payakumbuh. Dan pihak Dinkes menurunkan sebanyak 12 orang tenaga ahli selama 2 pergantian waktu, atau 4 jam sehari.

"Tenaga ahli ini kita kumpulkan langsung dari puskesmas, yang terbagi pada bidang surveylance dan analis labor. Dan alhamdulilahnya lagi, untuk alat selama uji  swab test berlangsung, kita difasilitasi dan dibantu oleh Provinsi Sumatra Barat. Dan untuk pengambilan sampel, petugas hanya bisa mengambil sebanyak 250 sampel sehari," tutup Wawan. YL
×
Berita Terbaru Update