Hipermi Goes to Campus: Menanamkan Jiwa Wirausaha dan Menjaga Warisan Randang

 

Ketua Hipermi Sumbar, Febrianti Takarina memperagakan randang yang sudah dikemas dengan packing yang menarik dan bersaing dengan pasar. Ist
PADANG-Himpunan Pengusaha Randang Minangkabau (Hipermi) Pusat menggelar kegiatan "Pelatihan Kewirausahaan" di Fakultas Adab dan Humaniora UIN Imam Bonjol Padang pada 14 Juni 2024. 

Acara ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha yang kreatif dan inovatif di kalangan mahasiswa, serta memperkenalkan ilmu Randang secara menyeluruh, mulai dari hulu ke hilir.

Hipermi lahir pada  20 Februari 2024 yg di prakarsai oleh Syukriah Kakanwil DJPb, Kemenkeu Satu Sumbar. Meskipun baru berumur belum seumur jagung, tapi Hipermi sudah bergerak cepat.

Ketua Hipermi Pusat, Febrianti Takarina  menyampaikan bahwa Hipermi berkomitmen untuk melahirkan generasi muda yang tangguh, kreatif, dan inovatif, serta mampu melestarikan warisan budaya Minangkabau, yaitu Randang. 

"Melalui pelatihan ini, kami ingin menanamkan jiwa wirausaha kepada para mahasiswa agar mereka tidak hanya mengandalkan pekerjaan kantoran, tetapi juga berani memulai usaha sendiri, termasuk usaha di bidang kuliner Randang," ujar Febrianti Takarina.

Disebutkannya pelatihan ini, disamping mengajarkan bagaimana menjadi wirausaha yang tangguh, kreatif dan inovatif, Hipermi juga  memperkenalkan ilmu  Randang, 

Mulai dari hulu ke hilir yaitu mengajarkan ilmu bercocok tanam bahan baku randang yanh organik, cara pengolahan dari bahan baku menjadi randang, dilanjutkan dengan perizinan,  packaging yang baik, ketahanan produk, serta ilmu marketing.

Rektor UIN Imam Bonjol Padang Prof. Dr. Martin Kustati Alam sambutannya mengapresiasi kegiatan Hipermi Goes to Campus ini. 

Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk menambah wawasan dan keterampilan dalam bidang wirausaha dan Randang. 

"Saya harap para mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk belajar dan mengembangkan diri," ujar Prof. Martin.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya, yaitu Ketua Hipermi Sumbar,  Febrianti Takarina dan Rio dari pertanian Kabupaten Solok

Para peserta pelatihan sangat antusias mengikuti materi yang disampaikan oleh para narasumber. Mereka juga berkesempatan untuk mempraktikkan secara langsung pembuatan Randang di bawah bimbingan tim ahli Hipermi.

Kegiatan Hipermi Goes to Campus ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang baik untuk melahirkan generasi muda yang tangguh, kreatif, inovatif, dan cinta terhadap warisan budaya Minangkabau, yaitu randang. YL


0 Comments