Dwi WNS, Tuna Ganda yang Berkarya dan Inspiratif

Dwi Wahyuni Nur Syakinah, saat memainkan gitar. Ist
PADANG-Dwi Wahyuni Nur Syakinah, gadis 20 tahun asal Bengkulu, menjadi sosok inspiratif bagi dunia disabilitas. Meskipun menyandang tuna ganda, yaitu buta total dan Gangguan Spektrum Autisme (GSA), Dwi tetap berkarya dan berprestasi.

Dwi baru saja meluncurkan lagu perdananya berjudul "Akulah yang Terbaik". Lagu tersebut bercerita tentang kisah hidupnya sebagai tuna ganda. Dwi sendiri yang menulis lagu tersebut."

"Pesan pada lagu itu adalah rasa syukur saya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, saya telah diciptakan seindah rupa sekaligus sempurna. Saya lihat masih ada lagi yang lebih kesulitan dari pada saya. Semoga saya selalu menjadi orang yang selalu bersyukur," kata Dwi.

Dwi mengatakan, tidak mudah rasanya menjadi tuna ganda seperti dirinya, apalagi di dunia perkuliahan. Dwi merasa paling beda dari teman-temannya, baik temannya yang difabel maupun yang non difabel.

"Dulunya saya non verbal, dan saya dianggap nakal dan cari perhatian. Meski begitu, saya alhamdulillah selalu mendapat juara dari SD hingga SMK. Teman-teman saya yang typical berperan penting dalam tiap tahapan perkembangan saya," kata Dwi.

Dwi mendapat inspirasi lagu "Akulah yang Terbaik" dari keadaan yang ia jalani sebagai tuna ganda. Hobi dan bakat di bidang musik jadi jalan bagi Dwi untuk menuangkannya ke dalam karya lagu.

"Jika nanti ada rezeki dari lagu tersebut, saya ingin membantu kedua orang tua saya untuk membayar biaya kuliah saya sendiri, sekaligus menambah uang jajannya," kata Dwi.

Dwi berpesan kepada para pendengar lagunya, jangan pernah remehkan orang yang terlihat tak berdaya atau lemah. Selalu lah bersyukur dan bersabar.

"Selama ini buta total maupun autisme hanya terkenal dengan gangguan berat dan tak mampu apa-apa. Stigma ini saya harap tidak ada lagi, karena bagi saya setiap makhluk ada potensinya. Mana mungkin Allah SWT menciptakan manusia tanpa potensi, namun setiap manusia diberi ujian yang beragam sesuai dengan kemampuannya," kata Dwi.

0 Comments