Tim PKM Dosen Fakultas Ilmu Komputer UPI YPTK Padang, Latih Anak Panti Membuat Portopolio Berbasis Web

Tim PKM Dosen Fakultas Ilmu Komputer UPI YPK Padang foto bersama dengan anak-anak Panti Asuhan Annisa Padang berserta pengurus. Ist

PADANG-Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) oleh team dosen Ilmu Komputer UPI “YPTK “Padang merupakan kegiatan penunjang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Untuk itu  Dosen Fakultas Ilmu Komputer UPI YPTK Padang mengadakan PKM di Panti Asuhan Annisa Padang yang terletak di Jl. Sawahan III No 14. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari dengan tema Pelatihan Pembuatan Portofolio Berbasis Web. Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah anak-anak panti asuhan dengan jenjang Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). 

Kegiatan PKM tersebut dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Komputer UPI YPTK Padang yaitu Prof. Dr. Yuhandri, S.Kom., M.Kom. Dalam kata sambutannya  beliau berpesan melalui kegiatan itu para dosen dapat melakukan sharing knowledge. Sebab PKM bentuk tanggung jawab keilmuan kepada masyarakat

"Untuk anak-anak panti kami berharap dapat memanfaatkan pelatihan ini dengan sebaik mungkin, sehingga dapat menambah pengetahuan ananda semua di bidang portopolio. Harapannya maksud dan tujuan PKM ini bisa tercapai sesuai harapan," katanya.

Dalam pelaksanaan kegiatan PKM ini yang beranggotakan Dr. Rini Sovia, S.Kom., M.Kom sebagai ketua, Ricki Ardiansyah, S.Kom., M.Kom dan Maha Rani, S.Kom., M.Kom sebagai anggota memberikan materi dan pelatihan terkait pembuatan portofolio berbasis web. 

Portofolio berbasis WEB nantinya dapat digunakan bagi peserta dalam melamar pekerjaan dengan menggunakan teknologi yang berkembang saat ini.  Sebab tuntutan penyedia kerja saat ini, pencari kerja mampu menguasai teknologi  Prosesnya dimulai dari tahap seleksi dan rekrutment. 

"Maka dari itu Tim PKM Fakultas Ilmu Komputer UPI YPTK Padang berinisiatif memberikan pelatihan dan pengetahuan kepada anak-anak panti asuhan. Ketika tamat sekolah mereka siap mencari pekerjaan dengan membuat portopolio berbasis web yang baik dan benar," kata Ketua Tim PKM, Dr. Rini Sovia, S. Kom, M. Kom.

Dia berharap kegiatan PKM dalam Tri Darma Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh tim dosen Fakultas Ilmu Komputer UPI YPTK Padang, dapat memberikan sumbangsih terkait pengembangan keilmuan yang mereka dalami sebagai dosen ditengah-tengah masyarakat secara luas.

Kepala Panti Annisa Padang.Desi, mengaku bahagia dengan pelatihan yang diselenggarakan Tim PKM Dosen Fakultas Ilmu Komputer UPI YPTK“ Padang.

"Pelatihan ini sangat membantu anak-anak kami mendapatkan ilmu dalam membuat portopolio berbasis web. Pelatihan ini menambah pengetahun dan pengembangan softskill  anak-anak, ketika tamat sekolah dan memasuki dunia kerja. Kami berharap kegiatan serupa dan kegiatan lainnya berlanjut dan terus dilakukan di Panti Asuhan Annisa Padang. Karena kami sebagai pengelola dan penanggung jawab panti asuhan ini merasa terbantu”, pungkasnya. Ist


0 Comments