Murid SD Padang Pasir Padang Antusias Peringati Israk Mikraj

Suasana peringatan Israk Mikraj di SD Padang Pasir Padang. Ist

PADANG-Ratusan murid SD yang tergabung dalam tiga sekolah menggelar peringatan Israk Mijrat di sekolah mereka, Sabu (25/2). Tiga sekolah tersebut adalah SDN 06, 05 dan SDN 15 Padang Pasir Padang. Murid sangat antusias memperingati hari bersejarah bagi umat Islam.

Kepala SDN 06 Padang Pasir, Muryati, MPd mengatakan peringatan isra mi'raj diselenggarakan setiap tahunnya. Dan bertujuan untuk mengingatkan kepada murid tetang makna Israk Mikraj. 

"Melalui peringatan Israk Mikraj kami harapkan anak-anak tahu akan sejarahnya. Dimana nabi Muhammad SAW menjemput perintah shalat dalam peristiwa Israk Mikraj," sebutnya. 

Israk Mikraj itu menghadirkan ustad Ardi Nasril SAg, yang menjelaskan arti israk mikraj. Sebuah peristiwa perjalanan Nabi Muhammad SAW dalam semalam yang disebut Isra Mi’raj menjadi peristiwa penting bagi umat Islam.

Disebutkannya, Israk Mikraj menceritakan perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram di Mekkah menuju Masjidil Aqsa dan dilanjutkan menuju Sidratul Muntaha yang menerima perintah untuk menjalankan ibadah salat wajib lima waktu.

"Israk Mikraj juga adalah liburan bagi nabi, pasca nabi mengalami peristiwan berat. Yakni kehilangan istrinya Siti Khadijah yang meninggal dunia. Kemudian pamannya tercinta Abdullah juga wafat," ujar ustad Ardi.

Melalui Israk Mikraj Allah juga memperlihatkan kepada Nabi Muhammad tentang surga dan neraka, serta melihat tanda-tanda kebesaran Allah SWT. 

Dalam peringatan Israk Mikraj tersebut menampilkan bakat murid, seperti membaca salawat, lagu islami dan lainnya. Selain itu ustad juga melakukan sesi tanya jawab dengan murid seputaran Israk Mikraj. YL


0 Comments