Inilah Pemenang Lomba Dasawisma Berprestasi Tingkat Sumbar Tahun 2023

Foto bersama para pemenang lomba kelompok Dasawisma berprestasi tahun 2023. Ist

PADANG-Pencanangan Bulan Bakti Dasawisma Tingkat Provinsi Sumbar tahun 2023 di Kota Sawahlunto berlangsung sukses, Rabu (1/3). Dalam kegiatan itu diumumkan nama daerah pemenang lomba kelompok dasawisma berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2023. 

Untuk kategori kabupaten, juara I diraih Kabupaten Agam, juara II Kabupaten Solok Selatan, juara III Tanah Datar. Harapan I Dharmasraya, harapan II Limapuluh Kota dan harapan III Pasaman. 

Kategori kota juara I diraih Padang Panjang, juara II Bukittinggi, juara III Sawahlunto. Harapan I Kota Padang dan harapan II Kota Pariaman.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa , Amasrul mengatakan kader dasawisma tersebar diseluruh pelosok daerah. Keberadaan mereka sangat dibutuhkan masyarakat.

"Kami atas nama pemerintah provinsi Sumbar, sangat mengapresiasi tim penggerak PKK yang telah melakukan terobosan. Tentunya melakukan pencanangan bulan bhakti Dasawisma. Tahun ini merupakan tahun ke tujuh pelaksanaan kegiatan yang sudah berlangsung sejak 2017," sebut Amasrul. 

Disebutkannya, pemerintah provinsi menyambut positif kegiatan yang telah digagas PKK, karena diharapkan dapat menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran dan semangat gotong royong serta rasa tanggung jawab terhadap pelaksanaan 10 program pokok PKK.

"Pemerintah Sumbar memiliki perhatian yang sangat besar dalam memfasilitasi dan mendorong gerakan PKK. Sehingga terus tumbuh dan berkembang dan mampu memberikan kontribusi dalam menyukseskan program pembangunan di Sumbar. Dalam rangka mewujudkan kesejahteraan seluruh keluarga dan masyarakat," ujarnya. 

Menurutnya, kelompok Dasawisma sebagai ujung tombak gerakan PKK diharapkan dapat menggerakkan semua kegiatan yang berhubungan langsung dengan hidup dan kehidupan masyarakat. Seperti menggerakkan kegiatan pengajian, gotong royong, pola asuh anak dan remaja, PAUD, UP2K-PKK, keterampilan, HATI nya PKK, pendidikan, kesejahteraan, posyandu, sandang pangan dan pemanfaatan TOGA. 

Ketua Tim Penggerak PKK Sumbar, Ny.Hj. Harneli Mahyeldi, mengatakan Tim penggerak PKK sebagai mitra pemerintah melalui pelaksanaan 10 program pokok PKK, pada hakekatnya selalu berupaya meningkatkan pengetahuan, kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat, dalam mempercepat terwujudnya keluarga yang sehat dan sejahtera.

"Upaya tersebut telah dan terus ditingkatkan melalui partisipasi dan keuletan pada kader PKK, mulai dari tim penggerak PKK provinsi, kabupaten kota hingga pada kader di pelosok negeri. Baik kader PKK atau pun dasawisma," sebut Harneli.

Disebutkannya, selama ini kinerja kelompok dasawisma sudah cukup menggembirakan, karena perlu diberi reward untuk memotivasi kelompok. Tim penggerak PKK Sumbar memberi apresiasi positif dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua tim penggerak PKK dan ketua dasawisma yang telah ulet dan gigih menggerakkan kelompok masing-masing, sehingga bermanfaat bagi masyarakat di sekitarnya.

Walikota Sawahlunto, Deri Asta mengungkapkan angka kemiskinan di kota yang dia pimpin terendah di Indonesia. Prestasi itu bisa didapat berkat kerjasama seluruh OPD terkait termasuk PKK yang selalu mendukung kegiatan pemerintah. 

"Tugas kami sejahtera masyarakat. Salah satunya lewat program PKK. Kami apresiasi PKK Sawahlunto," sebutnya.

Pencanangan bulan bhakti kelompok Dasawisma ke VII tingkat Sumbar tahun 2023 mengusung tema : "Melalui Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma, Kita Mantapkan Pelaksanaan Program Pokok PKK di Sumbar Tahun 2023, Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan Tangguh, Wujudkan Indonesia Tumbuh". Dalam kesempatan yang sama juga diselenggarakan penobatan Duta Dasawisma tingkat provinsi Sumbar. YL

0 Comments