Lahan RSUP M. Djamil Diperluas, Peletakan Batu Pertama oleh KSP Moeldoko

Sunday, 2 October 2022 : 20:00


PADANG-Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. M. Djamil Padang terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada seluruh pasien. Hal itu dibuktikan dengan dimulainya pembangunan atau Ground Breaking Kelas Rawat Inap Standar (KRIS) RSUP Dr. M. Djamil Padang. 

Dimulainya pembangunan KRIS yang luasnya sekitar 1,5 hektar tersebut ditandai dengan peresmian dan peletakkan batu pertama yang dilakukan langsung oleh Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko dan diikuti oleh Inspektorat Jenderal (Irjen) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Drg. Murti Utami MPH HMA, Wagub Sumbar Audy Joinaldy, Dirut RSUP Dr. M. Djamil Dr.dr. Yusirwan Yusuf, SpB SpBA MARS, dan unsur Forkompimda Sumbar, Jumat (30/9).

KRIS sendiri merupakan amanah yang ditetapkan dalam PP No 47/2021 tentang Penyelenggaraan Rumah sakit, dan juga dalam rangka menjalankan amanat UU No 40/ 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. 

Dalam sambutannya, KSP RI Moeldoko mengatakan, RSUP M. Djamil merupakan rumah sakit rujukan di Sumatera Tengah, dan tidak kalah dari rumah sakit yang ada di luar negeri. Oleh karena itu, dengan pembangunan KRIS, tidak ada lagi masyarakat Sumbar yang berobat keluar negeri lagi.

"Kami berharap, dengan perluasan RSUP Dr. M. Djamil Padang, tidak ada lagi masyarakat yang berobat ke luar negeri lagi. Rumah sakit ini telah melayani masyarakat yang berobat dengan pelayanan primanya," jelasnya.

Moeldoko berharap, M. Djamil Padang memiliki spesifikasi dan keunggulan tertentu. Secara ridak langsung membuat M Djamil turut membantu pertumbuhan ekonomi daerah.

Moeldoko pun bercerita bahwa pembebasan lahan yang diperuntukan untuk perluasan KRIS RSUP M. Djamil dilakukan sejak 2004 yang lalu, tetapi mengalami kebuntuan.

"Tanah ini telah diperjuangkan sejak 2004. Tetapi tidak selesai. KSP turun tangan. Tidak ada persoalan yang tidak dapat diselesaikan, walau persoalan di lingkungan birokrasi cukup sulit. Tetapi KSP bisa menuntaskan. Alhasil pembangunan perluasan RSUP Dr. M. Djamil Padang dapat dilaksanakan," tambahnya.

Moeldoko menyamapaikan juga, dalam pembangunan perluasan RSUP Dr. M. Djamil Padang ini, selain melakukan komunikasi dengan PT KAI, pihaknya juga melakukan komunikasi dengan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI AD Dr. Dudung Abdurachman, meminta memindahkan perumahan TNI AD yang berada di samping RSUP M Djamil Padang untuk dijadikan akses jalan menuju M Djamil Padang.

"Saya langsung menelpon KASAD dan meminta memindahkan perumahan TNI AD yang berada di samping RSUP M Djamil Padang untuk dijadikan akses jalan menuju RSUP M Djamil Padang, Kasad menyetujuinya," tambahnya.

Wagub Sumbar Audy Joinaldy mengatakan, Pemprov Sumbar sangat mendukung RSUP Dr. M. Djamil Padang dalam mengembangkan pelayanan dan terus berinovasi di bidang kesehatan.

"Terima kasih kepada KSP Moeldoko, yang telah menginisiasi pembebasan lahan dari PT KAI Divre II Sumbar. Semoga perluasan ini mempercepat pelayanan dan pengembangan RSUP Dr. M. Djamil Padang, dan kegiatan yang dilakukan ini bermanfaat bagi masyarakat," tutupnya.

Dirut RSUP Dr. M. Djamil Padang Yusirwan Yusuf menjelaskan, peletakan batu pertama ini merupakan kesepakatan bersama dalam bentuk MOU antara Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) serta RSUP Dr. M. Djamil Padang dengan nomor KN.02.07/II/7710/2022, PJ.107/2022, KL.703/VIII/2/KA-2022, HK.03.01/XVI.I/1672/2022 Tanggal 05 September 2022 tentang penggunaan tanah untuk pengembangan pelayanan Kelas Rawat Inap Standar (KRIS) pada RSUP Dr. M. Djamil Padang.

"Perluasan RSUP Dr. M. Djamil Padang menjadikan rumah sakit ini, punya 1.400 tempat tidur dari 800 tempat tidur yang ada. Alhasil, pelayanan  yang terbaik, bermutu, sesuai  standar kepada masyarakat sesuai dengan harapan masyarakat dapat terlaksana. 

Dukungan semua pihak untuk kesusksesan KRIS ini yang , perlu kerja keras kita bersama, agar dalam  waktu yang tudak begitu lama dapat direalisasikan," ujarnya.

Lebih lanjut Yusirwan menyampaikan, RSUP Dr M Djamil akan mendukung program transformasi layanan kesehatan yang dicanangkan oleh Kemenkes RI seperti transformasi layanan primer, layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, sistem pembiayaan kesehatan, SDM Kesehatan,dan Teknologi Kesehatan.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dalam kegiatan pelaksanaan layanan kesehatan Kekas Rawat Inap Standar, baik secara moril, maupun materil. Saya selaku Dirut RSUP Dr M Djamil Padang bersama jajaran mengucapkan terimakasih tak terhingga, semoga menjadi amal ibadah bagi bapak ibu sekalian," tutupnya. YL

Silahkan Dibagikan
Sebelumnya
Berikutnya

0 comments :

Copyright © 2022 Kita Punya - KitaPunya.id - All Rights Reserved
Teruslah Kunjungi Portal Berita Kita Punya