BPBD Sumbar Pantau 24 Jam Antisipasi Longsor Susulan di Sitinjau Lauik

Sunday, 2 October 2022 : 19:33
-Kondisi di jalur Sitinjau Lauik, Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang yang mengalami longsor berulang kali. 


PADANG-Kondisi di jalur Sitinjau Lauik, Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang yang mengalami longsor berulang kali. 

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumbar, Jumaidi, Sabtu (1/10) mengatakan, pihaknya memantau kondisi di jalur Sitinjau Lauik itu selama 24 jam. 

Ini dilakukan karena kondisi saat ini musim hujan yang masih rawan terjadinya longsor susulan.

“Dari hasil pemantauan, aktivitas lalu lintas di jalur ini mulai normal kembali. Materil longsor yang menutupi jalan sudah dibersihkan menggunakan alat berat,” terang Jumaidi. 

Diungkapkannya, alat berat ekskavator yang dioperasikan oleh petugas Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumatera Barat (Sumbar) juga sudah mengikis tanah di dinding bukit yang turun akibat dikikis air hujan yang turun. Sehingga, bukit yang berada di pinggir jalan mulai melandai, tidak terjal dan jalan pun mulai terlihat lebar.  

Di lokasi tersebut, batu besar yang berada di pinggir tebing bukit juga sudah turun ke jalan. Saat ini kondisi jalur tersebut masih padat dilalui kendaraan.

Jumaidi mengatakan, yang perlu dilakukan saat ini pengaturan terhadap jarak kendaraan yang melewati jalur tersebut. Jangan sampai kendaraan menumpuk di lokasi longsor karena macet. Karena bisa terjebak dan sangat rawan tertimbun jika longsor terjadi. 

“Selain mengatur jarak, juga butuh rambu-rambu peringatan hati-hati bagi pengendara yang lewat di lokasi longsor,” terangnya.

Penanganan longsor di kawasan Sitinjau Lauik saat ini melibatkan koordinasi seluruh pihak. Baik itu OPD Pemprov Sumbar, seperti BPBD Sumbar Dinas Kehutanan Sumbar, Dinas Perhubungan Sumbar, Dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang (BMCKTR) Provinsi Sumbar. Maupun kordinasi dengan BPJN Sumbar Kementerian PUPR dan Pemko Padang melalui BPBD Kota Padang. 

Koordinasi ini dilakukan, sesuai arahan Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah yang menginstruksikan agar  melakukan koordinasi untuk melakukan penanganan terhadap longsor di Sitinjau Lauik. 

“Alhamdulillah, dari hasil koordinasi kita, penanganannya berjalan baik. Jika terjadi longsor susulan, tim kami bersama tim terkait siap turun membersihkan material longsor ,” terangnya. 107

Silahkan Dibagikan
Sebelumnya
Berikutnya

0 comments :

Copyright © 2022 Kita Punya - KitaPunya.id - All Rights Reserved
Teruslah Kunjungi Portal Berita Kita Punya