arrow_upward

Pengenalan Kampus pada Mahasiswa Baru UNP, Libatkan Juru Bahasa Isyarat

Friday, 12 August 2022 : 17:48

 


PADANG-Pelaksanaan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Gugus 2 di Universitas Negeri Padang (UNP) di Auditorium Kampus UNP Air Tawar Padang, melibatkan Juru Bahasa Isyarat (JBI).

Kehadiran JBI ini karena ada mahasiswa disabilitas yang tergolong tuna rungu yang menjadi mahasiswa baru UNP mengikuti PKKMB ini.

Kepala Pusat Layanan Disabilitas Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3M) UNP Prof. Dr. Marlina mengatakan kehadiran Juru Bahasa Isyarat dalam kegiatan PKKMB merupakan wujud UNP sebagai kampus ramah disabilitas.

“Selain itu UNP juga memberikan aksesibilitas informasi kepada mahasiswa disabilitas (tuna rungu) melalui penggunaan JBI oleh Pusat Layanan Disabilitas,” tegas Guru Besar Departemen Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan, Kamis (11/8/2022)

Pada PKKMB UNP ini, Rektor UNP Prof. Ganefri, ketika pembukaan mengatakan UNP sebagai Perguruan Terbesar di Pulau Sumatera jika dilihat dari jumlah mahasiswanya yang lebih kurang 46.000 orang mahasiswa dengan 111 Program studi, ada 20 prodi berakreditasi Internasional dan memiliki 28 kelas internasional.

Selain itu UNP termasuk 16 Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) di Indonesia sehingga memiliki organ baru yakni Majelis Wali Amanat (MWA), Rektor dan Senat Akademik Universitas (MC).


“Mari kita jaga marwah institusi karena mahasiswa merupakan bagian dari keluarga, sehingga berikan informasi yang positif pada publik. Jika ada masalah sampaikan dan diskusikan kepada pimpinan, jangan diberitakan pada masyarakat sehingga merugikan lembaga sendiri,” ungkapnya. (MC)