Defri Mulyadi Pimpin IJTI Sumbar Lima Tahun ke Depan



PADANG-Defri Mulyadi terpilih menjadi Ketua Pengurus Daerah (Pengda) Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sumatera Barat (Sumbar) periode 2022-2026, Sabtu (13/8) melalui Musyawarah Daerah (Musda) ke-IV IJTI Sumbar.

Jurnalis Padang TV yang akrab disapa ‘Imung’ ini terpilih setelah melalui proses pemilihan suara berhasil mengalahkan calon lainnya, Wahyudi Agus dari TV One.

Di mana Imung berhasil meraih 38 suara, sementara Wahyudi Agus perolehan suaranya mencapai 20 suara. Sementara satu orang tidak menyumbangkan suaranya.

Terpilihnya Defri Mulyadi sebagai Ketua IJTI Sumbar tidak mudah lantaran status keanggotaannya di Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) hingga membuatnya mundur di organisasi tersebut.

Pasalnya, IJTI tidak membenarkan seseorang yang berada di sana juga terdaftar di organisasi tersebut.

Ketua Pelaksana Musda IV IJTI Sumbar, Rio Johanes sebelumnya menyatakan, Defri Mulyadi sudah menyatakan diri mundur dari PWI, itu dibuktikan dengan surat pernyataan pribadi dan surat resmi dari PWI dan sudah dilengkapinya.

Usai terpilih, Imung mengatakan, banyak pekerjaan rumah yang menanti lembaga profesi khusus insan wartawan televisi tersebut. Sebagai ketua terpilih, dirinya akan memberikan program terbaik untuk kemajuan IJTI Sumbar.

IJTI Sumbar harus terus besar dan menjadi rumah bersama bagi seluruh insan pertelevisian di Sumatera Barat. 

“Harmonisasi adalah langkah utama yang mesti diwujudkan. Sehingga organisasi ini bersar dan maju bersama anggotanya," terang Imung. 

Pria yang sekarang menjabat sebagai salah seorang Manager di Padang TV ini memaparkan, IJTI ke depan harus mampu memberikan harapan. Khususnya tersedianya Sekretariat IJTI dan perhatian penuh dalam mewujudkan kesejahteraan anggotanya. 

Sebagai insan pers yang merupakan kaum intelektual, seluruh Anggota IJTI ke depan harus berperan memajukan dunia pendidikan. Perkembangan tekhnologi informasi harus bisa dijadikan peluang bagi IJTI untuk berbagi ilmu, khususnya bidang jurnalistik.

"Kita mempunyai tanggung jawab moral mengarahkan kalangan pelajar untuk cerdas dan bijak dalam menggunakan maupun mengkonsumsi sarana informasi. IJTI ke depan harus bisa menangkap peluang ini. Di antaranya bisa menggagas program IJTI Mengajar atau IJTI Goes to Campus," ulas Imung. 

Imung juga menambahkan, banyak hal yang juga bisa dilakukan IJTI ke depan. Salah satunya mengawal setiap derap pembangunan berbagai bidang di daerah, termasuk dalam memberikan masukan atau kritikan membangun untuk kemajuan daerah.(**)

Profil singkat Defri Mulyadi:

Nama Lengkap: Defri Mulyadi, S.Pi, MM

Panggilan/Julukan: Imung/Kapten 2000

Tempat dan Tanggal Lahir: Padang, 18 September 1981

Karir dan Organisasi:

* Jurnalis dan Redaktur Harian Pagi Padang Ekspres (2004-2007)

* Salah satu pendiri Padang TV

* Reporter, Produser dan Eksekutif Produser Padang TV (2007-2010)

* Wakil Pimpinan Redaksi Padang TV (2010-2012)

* Manajer Program, Produksi, Iklan dan EO Padang TV (2013-sekarang)

* Wakil Ketua HKTI Sumbar (2022-2024)

* Predikat Sertifikasi Wartawan Utama sejak 2011

0 Comments