Ini yang Dilakukan BPBD Padang, Antisipasi Longsor di Jalur Padang-Solok



PADANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang melakukan monitoring untuk antisipasi akan terjadinya longsor di jalur Padang-Solok, kawasan Sitinjau Lauik, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Kamis (11/8/2022).

Kalaksa BPBD Kota Padang Endrizal mengatakan, tujuan monitoring adalah upaya pencegahan dini dan antisipasi adanya kejadian bencana tanah longsor, pohon tumbang yang mungkin terjadi di Wilayah Kecamatan Lubuk Kilangan tersebut.

“Kami melaksanakan pemantauan di Sitinjau Lauik dan tempat-tempat yang dianggap rawan bencana alam, sebagai upaya antisipasi dini jika terjadi bencana,” ujar Endrizal.

Lebih lanjut kata Endrizal, berdasarkan data yang diperolehnya sudah kesekian kalinya terjadinya longsor di daerah itu.

“Kami berharap semua stakeholder untuk dapat memperhatikan Sitinjau Lauik ini. Kami dari BPBD Kota Padang menghimbau masyarakat untuk berhati-hati saat melintasi daerah ini,” ujarnya.

“Dan kami akan terus melakukan monitoring secara rutin terkait perkembangan curah hujan,” sambungnya.

Tak hanya monitoring, Endrizal juga mengaku akan terus koordinasi bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dari tingkat camat, lurah, maupun relawan bencana.

“Ini sudah menjadi SOP dan tugas kami setiap curah hujan tinggi kami akan terus melakukan monitoring 1 kali 24 jam. Agar tidak terjadi hal-hal yang kita tidak Inginkan,” pungkasnya. (MC)



0 Comments