-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Puluhan Mobil Operasional BPBD Siap Tempur Saat Bencana

Thursday, 16 September 2021 | 20:56 WIB Last Updated 2021-09-16T14:00:17Z

 Kepala Bidang Rehabilitasi dan Kontruksi BPBD Sumbar, Suryadi Eviontri , menunjukkan deretan mobil operasional BPBD Sumbar yang siap tempur ke lokasi bencana. Ist

PADANG- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat (Sumbar) menyiapkan puluhan mobil operasional yang stanby 24 jam di halaman kantor untuk kesiapsiagaan kebencanaan.


"Ada lebih kurang puluhan unit kendaraan  mobil operasional yang siaga jika terjadi kebencanaan di daerah, " ujar Kepala Bidang Rehabilitasi dan Kontruksi BPBD Sumbar, Suryadi Eviontri saat ditemui dikantornya, Rabu (15/9).


Dijelaskannya, banyak ragam kendaraan yang stanby dan siap tempur ke lokasi bencana. Mulai dari mobil satelit yang berfungsi untuk membantu akses informasi ketika tidak ada sinyal di lapangan. 


"Jika di daerah bencana tidak ada sinyal, maka mobil satelit digunakan untuk memberikan laporan jarak jauh dengan tim lainnya," katanya.


Kemudian mobil tangki air, berguna untuk memenuhi pasokan air di daerah bencana. Truk serbaguna dapat dijadikan sebagai dapur atau logistik makanan


"Kendaraan mobil serta truk lainnya yang memiliki kegunaan untuk evakuasi kebencanaan. Tak hanya itu kami juga memiliki kapal cepat. Kemudian berapa unit kendaraan roda dua, lebih kurang 10 unit jenis trail," terangnya.


Selain kendaraan yang stanby, tentunya pengemudi juga disiapkan dan terlatih ke wilayah bencana.


"Kalau bencana besar kita langsung terjunkan tim dan kendaraan. Tetapi jika skala kecil kita akan koordinasi dengan daerah apa yang dibutuhkan," pungkasnya.  YL

×
Berita Terbaru Update