Peserta Jitu Pasna Belajar Membuat Info Grafis

Peserta pelatihan Jiru Pasna serius mencatat data yang disajikan instruktur. Ist


PADANG-Sebanyak 120 peserta pada hari terakhir Bimtek Hitung Cepat Jitu Pasna Angkatan III diajari membuat infografis kebencanaan sesuai standar Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Infografis adalah bentuk visualisasi data yang menyampaikan informasi kompleks kepada masyarakat agar dapat dipahami dengan lebih mudah dan cepat.


“Tujuan kita harus menguasai pembuatan infografis dalam kerja Tim Jitu Pasna antara lain agar dapat menjelaskan data yang dikumpulkan dari lapangan menjadi lebih mudah. Sebab, infografis mengkomunikasikan pesan data yang kompleks menjadi lebih sederhana. Jadi kita harus mempresentasikannya menjadi informasi yang singkat dan mudah dipahami,” ujar Rurid, salah seorang fasilitator bimtek dari MCS Jakarta, Sabtu (11/11).


Infografis memiliki banyak manfaat untuk penyampaian informasi. Pada era banjir informasi ini, audience merasa memiliki keterbatasan waktu dan energi untuk memahami maupun membaca informasi yang disampaikan. Nah, infografis efektif karena elemen visualnya.


“Daya tarik visual ini bisa berupa grafis yang bertema ataupun referensi (ikon dan simbol), serta dikombinasikan dengan pemilihan warna yang menggambarkan data kondisi lapangan. Misalnya, kita bisa memilih warna merah sebagai simbol data kondisi lapangan yang gawat/kondisi parah. Warna kuning untuk kondisi sedang, dan seterusnya,” ujarnya.


Di dalam infografis kebencanaan terdapat judul sesuai temanya, disusun dengan alur cerita yang mengalir, dan jangan lupa bubuhkan tanggal produksinya sebagai referensi aktualitas.


“Data dan fakta yang sudah susah payah dikumpulkan kawan-kawan Jitu Pasna, saatnya diolah semenarik mungkin dalam infografis. Nantinya, infografis itu akan didistribusikan kepada pihak terkait melalui website dan whatsapp dan sebagainya,” ujar Rurid.


Usai pemaparannya sore itu, Rurid lantas meminta peserta membentuk kelompok membuat infografis sesuai tema yakni tema gempa, tema banjir, tema longsor. “Oke ya, saya minta kawan-kawan mengumpulkan infografis kelompoknya paling telat jam 12 malam ini,” tutup Rurid yang disambut antusias peserta.


Sabtu pagi (11/9/2021), hari terakhir bimtek, peserta Jitu Pasna (Pengkajian Kebutuhan Pascabencana), tak sabar mempresentasikan hasil olahan infografisnya. Satu per satu infografis tampil dan disampaikan. Hasilnya memang tidak mengecewakan. Infografis yang dibuat peserta sudah bagus-bagus dan sesuai standar yang diajarkan. 107 

0 Comments