-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tim Safari Ramadan Pemprov Sumbar, Bawa Rp14,1 Miliar untuk Masjid dan Mushola

Thursday, 15 April 2021 | 06:06 WIB Last Updated 2021-04-14T23:07:11Z

Kepala Biro Bina Mental Setdaprov Sumbar, Syaifullah. kitapunya


PADANG-Pemerintah provinsi akan menyalurkan bantuan untuk ratusan masjid dan mushola senilai Rp14,1 Miliar. Bantuan itu disalurkan dalam program safari Ramadan 1422 Hijriah.


"Ada 705 masjid dan mushola yang akan menerima bantuan dari pemprov pada Safari Ramadan tahun ini. Masing-masingnya mendapat Rp20 juta untuk masjid dan Rp5 juta untuk mushala," kata Kepala Biro Bina Mental Setdaprov Sumbar, Syaifullah, di ruangan kerjanya Rabu (14/4).


Disebutkannya, program safari Ramadhan tahun ini tetap berjalan meski di tengah pandemi Covid-19. Safari ditetapkan setelah berkoordinasi dengan kabag kesra masing-masing kabupaten/kota. Pelaksanaannya dipastikan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.


"Tim safari Ramadan tahun ini terdiri dari 12 tim. Mulai dari tim Pak Gubernur, Pak Wagub, kapolda rektor, DPR dan lainnya. Tim tersebut akan mengunjungi 147 masjid yang tersebar diseluruh kabupaten/kota," terang Syaifullah.


Dikatakannya, jumlah rombongan masing-masing tim safari Ramadan, juga dikurang dibanding ketika situasi normal. Jika sebelum pandemi jumlah yang ikut sekitar 16 hingga 20 OPD kini dibatasi menjadi 5 OPD saja.


Saat safari nantinya, jumlah peserta yang ikut juga tidak boleh semua masuk masjid. Mereka dibatasi. sesuai protokol kesehatan. Sebab pemprov Sumbar juga sudah mengeluarkan edaran terkait pelaksanaan beribadah selama bulan suci berlangsung. Di mana pengurus masjid mesti menyiapkan sarana cuci tangan sebelum masuk masjid, jemaah menggunakan masker, membawa sajadah dari rumah, berwuduk di rumah. Memeriksa suhu tubuh jemaah sebelum masuk masjid.


"Pengurus masjid juga mesti mengawasi jemaah yang tidak menggunakan masker. Jika ada yang tak bermasker maka pengurus juga harus menyediakan masker untuk jemaah dan membagikannya," sebut Syaifullah.


Saat safari Ramadan, juga ada buka bersama di daerah. Ketika itu minta kesra di kabupaten/kota juga membatasinya. Agar tidak terlalu banyak orang yang datang. Jumlah orang yang masuk harus separo dari kapasitas ruangan.


Safari Ramadan Pemprov Sumbar akan dimulai hari ini di salah satu masjid di Kota Padang. YL

 

 

×
Berita Terbaru Update