-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Kasus Positif Covid-19 di Payakumbuh Kembali Meledak

Sunday, 25 April 2021 | 20:20 WIB Last Updated 2021-04-25T13:20:10Z

Ilustrasi 


PADANG-Ledakan kasus positif Covid-19 di Kota Payakumbuh, kembali terjadi. Dalam tiga hari terakhir, terkonfirmasi sebanyak 30 kasus positif Covid-19 di kota itu.


Angka itu merupakan yang tertinggi selama pandemi ini terjadi. Bahkan angka kematian juga meningkat, dimana selama April ini saja, sudah ada tiga kasus yang diumumkan dinas keseahtan kota itu.


Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal, kepada wartawan, Minggu (25/4), mengatakan, lonjakan kasus positif di Payakumbuh terjadi karena masyarakat sudah mulai abai dengan penerapan protokol kesehatan. Padahal sebelumnya, di Payakumbuh bisa dikatakan penularan Covid-19 termasuk yang bisa dikendalikan.


"Memang terjadi peningkatan dalam tiga hari belakangan ini. Dimana dari kasus konfirmasi itu, dua orang dinyatakan meninggal dunia. Yang meninggal dunia itu sebelumnya dirawat di RSUD Adnaan WD Payakumbuh. Dan dimakamkan dengan protokol Covid-19. Dengan demikian, sampai hari ini sudah 13 orang yang meninggal dunia di Payakumbuh yang terkonfirmasi positif Covid-19," ujarnya.


Menurutnya, dari tracing yang dilakukan kepada riwayat kontak masyarakat yang dinyatakan positif, ditemukan lagi penambahan kasus positif Covid-19. "Hari ini terjadi penambahan kasus yang cukup banyak dari tracing yang kita lakukan. Dimana pada hari sebelumnya juga ditemukan kasus konfirmasi positif Covid-19. Hal itu ditenggarai karena masyarakat kita sudah mulai abai dengan protokol kesehatan yang mesti dijalankan. Bahkan terkadang mereka tidak menggunakan masker saat berada di luar rumah," tambahnya.


Pertanggal 24 April kemarin, Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan adanya penambahan empat kasus positif Covid-19 dan satu orang dinyatakan bebas isolasi di Payakumbuh.


"Sehingga sampai hari ini data untuk kota Payakumbuh, didapati sebanyak 66 orang isolasi mandiri dirumah dan 12 orang dirawat di rumah sakit," tambah Kasi pencegahan pengendalian penyakit (P3), Fitri.


Dengan adanya penambahan kasus baru ini, pihak dinas kesehatan akan terus melakukan testing, tracing dan treatment (3T) untuk pencegahan terjadinya penularan Covid-19 di Payakumbuh. Untuk itu, pihaknya juga terus mengimbau dan mengingatkan warga agar tetap dan selalu menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga 5M yaitu, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.


"Covid-19 belum berakhir, hari ini bertambah lagi yang terkonfirmasi positif. Tetap waspada, mudah-mudahan tidak ada lagi penambahan kasus di Kota Payakumbuh. Sehingga Kota Payakumbuh bebas dari Covid-19 ini," himbau Bakhrizal.


Sedangkan untuk data Covid-19 keseluruhan di Kota Payakumbuh sampai hari ini adalah suspek sebanyak 6 orang, kasus konfirmasi sebanyak 965 orang, sembuh sebanyak 874 orang, isolasi sebanyak 66 orang, rawat sebanyak 12 orang, meninggal sebanyak 13 orang, KE sebanyak 7 orang, discarded sebanyak 13.431 orang dengan total swab sebanyak 14.808 sampel. YL

×
Berita Terbaru Update