-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Sungai Bandar Purus V Padang Kini Rapi dan Asri karena BRI

Sunday, 6 December 2020 | 13:09 WIB Last Updated 2020-12-06T06:09:33Z

Kawasan Bandar Purus V Padang terlihat indah, rapi dan bersih

hingga menarik hati orang yang melihatnya. Ist



  
PADANG
-Ada pemandangan berbeda di kawasan Bandar Purus V Padang. Bandar sungai dari terdapat di sisi kanan dari arah Tabing tersebut kini terlihat bersih, rapi dan asri. Kondisi itu tentu jauh berbeda dibanding sebelum kawasan tersebut ditata dan kelola Bank Rakyat Indonesia (BRI) lewat dana CSRnya. 


Jika kita melihat lebih jauh ke dalam, kawasan yang dulunya menjadi tempat buang sampah bagi warga kini cerah dengan cat warna warni hingga menarik orang untuk mendekat. 


Berubahanya Bandar Purus V menjadi kawasan arena bagi anak, bisa terwujud karena Bank BRI melalui program "Jaga Sungai Jaga Kehidupan". Program itu telah mengembalikan fungsi dan peran sungai sebagai penyangga kehidupan alam sekitar. Kegiatan bersih - bersih sungai dilakukan dengan empat kegiatan utama yaitu pembersihan dan penataan sungai, edukasi lingkungan sehat, pengolahan sampah rumah tangga dan pembangunan sarana dan prasarana di pinggir sungai.


Mengacu pada konsep Pro Planet, Pro People dan Pro Profit, kegiatan bersih – bersih sungai ini diharapkan mampu mendorong kesadaran untuk menjaga kebersihan sungai dan kesejahteraan masyarakat sekitar. Dalam kegiatan edukasi lingkungan sehat, BRI bekerjasama dengan Pemerintah Kota Padang terkait sosialisasi pengelolaan lingkungan sungai yang berkelanjutan bagi warga sekitar.


Selain itu, BRI juga memberikan pembinaan terhadap warga sekitar sungai terkait pengelolaan sampah yang masih menimbulkan permasalahan sosial. Untuk membantu mengatasi persoalan tersebut, salah satunya BRI menyalurkan bantuan satu unit mesin pencacah sampah anorganik kepada masyarakat setempat. Bantuan ini didasarkan pada keberadaan sampah anoganik di aliran Sungai Bandar Purus V.

Kawasan Bandar Purus V Padang tampak bersih. Ist


Mengolah sampah


Bekerja sama dengan Bank Sampah Saiyo milik masyarakat Purus, BRI melakukan edukasi pengolahan sampah kepada masyarakat agar bisa dimanfaatkan untuk kepentingan ekonomi masyarakat di sekitaran Sungai Bandar Purus V. Bank Sampah Saiyo bersama masyarakat mengangkut sampah plastik rumah tangga yang telah dipilah dijual ke pengepul melalui Bank Sampah. Uang hasil penjualan akan dimasukkan ke kas RT/RW dan ditabung melalui AgenBRILink terdekat di Kelurahan Purus. Dalam hal ini, BRI memberikan bantuan mesin pencacah sampah untuk warga yang tinggal di sekitaran Bandar Purus V dan dikelola bersama Bank Sampah Saiyo.


Kebanggaan


Sungai Bandar Purus V kini menjadi kebanggan masyarakat Kota Padang dan menimbulkan daya tarik bagi masyarakat sekitar. Sarana dan prasarana yang dibangun di pinggiran sungai seperti taman, gazebo, area terbuka hijau, area bermain anak, refleksi batu dan spot selfie kini telah dimanfaatkan bersama menjadi pilihan bagi masyarakat sekitar untuk berkumpul atau mengisi waktu luang.


"Melalui program “Jaga Sungai, Jaga Kehidupan” yang telah Kita lakukan di Sungai Bandar Purus V ini, membuktikan komitmen BRI dalam melestarikan lingkungan yang selanjutnya dapat memberikan social value bagi masyarakat. Kami berharap, dengan pengelolaan lingkungan yang bersih dan tertata seperti ini akan mendorong kegiatan ekonomi bagi warga sekitar,” ujar Wahju Hidajat,


Apresiasi


Pemerintah Kota Padang menyampaikan apresiasi kepada Bank BRI melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) BRI PEDULI. Plt Walikota Padang Hendri Septa mengatakan pada saat peresmian program di kawasan sungai (4/12/2020), atas nama Pemerintah Kota Padang tentu sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi khususnya kepada BRI Wilayah Padang yang telah memberikan bentuk kepedulian sosialnya bagi warga Kota Padang khususnya di kawasan Purus V, Kelurahan Purus, Kecamatan Padang Barat.


"Untuk itu, kepada semua pihak khususnya warga setempat, mari kita senantiasa menjaga beberapa bantuan yang telah kita terima dari BRI ini," harap Plt Wako.


Hendri melanjutkan, ia pun berharap bantuan yang diberikan kali ini dapat memberikan banyak manfaat khususnya bagi warga setempat ke depan.


"Kita sama-sama menyaksikan bagaimana dari sebelum hingga sesudah dilakukannya pembersihan dan perapihan kawasan di Sungai Bandar Purus V ini. Alhamdulillah sekarang kawasan ini jauh lebih baik, bersih dan menarik dari sebelumnya. Semoga saja hal ini mampu memberikan banyak manfaat bagi warga setempat terutama dalam peningkatan ekonomi," imbuhnya.rilis

×
Berita Terbaru Update