Besok 206 Mahasiswa Stikes Mercubaktijaya Padang Diwisuda

Foto bersama Ketua Mercubaktijaya Padang dengan jajarannya sehari sebelumnya wisuda dilaksanakan. dok.kitapunya.id

PADANG-Sebanyak 206 mahasiswa Stikes Mercubaktijaya Padang diwisuda hari ini Rabu (25/10) di aula kampus milik sendiri. Diwisudanya mahasiswa tahun ajaran 2022-2023 itu menambah daftar panjang lulusan kampus yang berlokasi di Jalan Jamal Jamil Pondok Kopi Siteba Padang. 

Ketua Stikes Mercubaktijaya Padang, Ises Reni, SKp, M. Kep mengatakan 206 mahasiswa yang diwisuda, terdiri dari profesi Ners 131 orang  D III Keperawatan 28 orang dan D III Terapi Wicara 47 orang. 

"Insyaallah 206 mahasiswa ini akan di wisuda besok (hari ini-red)," kata Ises Reni dalam jumpa pers yang berlangsung Selasa (24/10) di ruang rapat Mercubaktijaya Padang.

Dikatakannya, prosesi wisuda bisa diselenggarakan seorang mahasiswa jika sudah lulus uji kompetensi. Uji kompetensi itu merupakan penjaminan mutu dan standarisasi bagi lulusan diaturan dalam Permenristekdikti No. 12 tahun 2016 tentang Tata Cara Pelaksanaan Uji Kompetensi Mahasiswa Bidang Kesehatan.

"Setiap mahasiswa wajib ikut uji kompetensi, dalam upaya menjamin mutu pendidikan tinggi bidang kesehatan," ujar Ises didampingi Wakil Ketua I Bidang Akademik, Ns. Lenni Sastra, Wakil Ketua II Bidang Administrasi, Eka Putri Primasari, SKM, MKes, Ketua Prodi D III Keperawatan, Ns Rifka Putri Andayani, Ketua Prodi S1 Keperawatan, Ns. Ria Desnita dan Ketua Prodi D III Terapi Wicara, Aida Miropa, SKM. M. Kes. 

Disebutkannya, saat ini jumlah lulusan Stikes Mercubaktijaya Padang sudahmencapai 5977 orang. Dari jumlah itu telah terserap dunia kerja sebanyak 92 persen, 5 persen lainnya memilih melanjutkan pendidikan ke S2. 

"Ketika lulus dan diwisuda ada masa tunggu selama tiga bulan. Setelah itu baru bisa masuk dunia kerja," terangnya. 

Untuk lulusan Terapi Wicara adalah jurusan yang paling banyak diminta dunia kerja. Misalnya saja setiap lulusan jurusan tersebut sudah dibooking oleh rumah sakit Grup Awal Bross Padang dan Hermina Grup Jakarta, yang telah bekerjasama dengan Stikes Mercubaktijaya Padang.

"Insyaallah lulusan kami tidak ada yang menganggur. Mereka menyebar di rumah sakit yang ada di Tanah Air dan layanan kesehatan lainnya," terang Ises, 

Seiring berjalannya waktu, pihak kampus Stikes Mercubaktijaya Padang terus komitmen menghasilkan lulusan terbaik, dengan melakukan penguatan skill. 

"Skill yang sangat dibutuhkan dunia kerja. Makanya lulusan kami banyak yang membooking sebelum tamat," ujarnya lebih jauh.

Banyaknya lulusan Stikes Mercubaktijaya yang ditampung di dunia kerja, membuat kampus tersebut terus diminati masyarakat luas. 

Sementara, selain diwisuda mahasiswa angkatan tahun ajaran 2022/2023 juga melakukan Angkat Sumpah, sebagai syarat untuk mendapatkan Surat Tanda Registrasi (STR). YL


0 Comments