Tingkatkan Layanan Pendaftaran Haji, BPKH dan Bank Muamalat Safari Haji Ke Sumbar

BUKITTINGGI - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) bersama Bank Muamalat Indonesia melaksanakan Safari Haji 2023 di Hotel Santika Bukittinggi, Jumat (14/4/2023).

Safari Haji bertema Silaturrahmi dan Sinergi dalam rangka peningkatan layanan bagi pendaftar Haji Indonesia. 

"BPKH juga mengelola dana umat (nilai manfaat) sebanyak Rp 3,7 triliun. Selama tahun 2023, BPKH telah memberikan bantuan program kemaslahatan di Sumatera Barat mencapai Rp 2,7 milyar. BPKH mendistribusikan sesuai asnaf yang terbagi seperti pembangunan sekolah dan pusat layanan, pengadaan mobil layanan haji dan mobil layanan sosial. Kita juga menyerahkan 35 pax bingkisan lebaran (paket sembako), kemudian 10 pax kado lebaran (alat salat). Penerima Manfaat dalam kegiatan kali ini adalah Rumah Qur’an Yatim Piatu Yayasan Rahmatul Ummi (Bukittinggi),” ungkap Anggota Pelaksana BPKH, Harry Alexander, Jumat (14/4/2023)

Harry menambahkan "Kami BPKH bermitra strategis dengan perbankan syariah. Jadi, kita memang bersama perbankan syariah, saling koreksi profile. Terlebih dengan anak perusahaan kita, yaitu Bank Muamalat Indonesia, kami bersinergi untuk bertemu dan bersilaturahmi dengan jamaah, melayani jamaah," tambah Harry.

Menurut Harry, pihaknya akan terus bersinergi dengan mitra perbankan syariah termasuk bank Muamalat untuk melayani calon jemaah haji.

"Di sini kami melihat Sumbar menjadi tujuan kita bersilaturahmi dan menjajaki agar terjadi peningkatan pendaftaran jemaah haji, khususnya melalui Bank Muamalat," ungkap Harry.

Sementara itu, Anggota Komisi VIII DPR RI John Kenedy Aziz menyampaikan sejak ada BPKH, semua pengelolaan keuangan haji dilakukan secara syariah. 

“Seperti Bank Muamalat yang kembali melayani jamaah haji. Jadi uang haji dikelola BPKH dan Komisi VIII DPR RI selalu mengawasi. Uang sebanyak Rp 168 trilyun dikelola secara professional dan punya nilai manfaat. Pengelolaan dilakukan secara syariah. BPKH dituntut lebih memproduktifkan uang calon jemaah haji. BPKH juga harus lebih pro aktif. BPKH Aman, Bank Muamalat Aman. Jadi jangan ragu menginvestasikan uang di Bank Muamalat. Pemilik Bank Muamalat adalah BPKH,” jelas John Kenedy Aziz.

Talk Show sebagai rangkaian Safari Haji Bank Muamalat-BPKH 2023 dipandu Wang Wardana dan turut menghadirkan Kakanwil Kemenag Sumbar. Selain itu, kegiatan juga diwarnai penandatanganan kerjasama Bank Muamalat dengan Mitra Pemberi Porsi jamaah haji.

Kegiatan dihadiri jajaran Kemenag, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji, tokoh masyarakat dan stakeholder haji. YL

0 Comments