arrow_upward

Uni Djan, Motivator Senior Sumbar Tutup Usia

Friday, 23 September 2022 : 16:41


PADANG – Sumatera Barat kehilangan salah satu motivator dan aktivis perempuan. Zarnifa Basril,  74, meninggal dunia di Pekanbaru, Jumat (23/9).

Istri mantan Asisten II Setdaprov Sumbar, Drs.Basril Thaher meninggal pada pukul 12.00 WIB.

Sastri Bakry, adik kandung almarhumah yang dihubungi topsatu.com, Jumat siang (23/9), menuturkan, sang kakak meninggal di RS Budi Mulia  karena sakit.

“Sakit beliau sudah lama, dan hari ini keluarga besar kami sangat  kehilangan dia,” ungkap Sastri.

Semasa hidupnya,  putri tertua  Almarhum Kol. Zaidin  Bakry yang dikenal dengan nama Uni Djan ini dikenal sebagai satu-satunya motivator handal Sumbar. Pada tahun 1990 dan awal 2000-an Ia kerap tampil  di banyak universitas, BUMN dan BUMD di daerah ini, guna memberikan pencerahan dan motivasi kepada mereka

Tidak hanya laris manis di daerah kelahirannya, Uni Djan juga kerap didaulat berbicara sebagai motivator di sejumlah daerah seperti Jambi, Pekanbaru, Palembang, Bengkulu.

Uni Djan juga dikenal sebagai dosen, penulis, pengasuh rubrik kecantikan di salah satu koran di Padang dan punya sekolah modelling, Uni Djan Modelling. Di samping itu, ibu dari Dr Riza Lia Dewi,  Ir Rizaldi Indra, Riza Fatma Kartika SE, Riza  Mia Tissa SE,  juga  mendirikan sebuah usaha yang diberi nama Uni Djan Enterprises di Padang Di lembaga ini, terdapat sejumlah bidang usaha, seperti pelatihan public speaking, modelling, pelatihan etika dan kepribadian, serta usaha Event Organizer.

Alumni, SMA  Negeri 2 Padang, Universitas Ekasakti dan pernah kuliah di Program Pasca Sarjana Univetsitas Negeri Padang, di era tahun 2000-an sempat disebut-sebut menjadi bakal calon walikota  Padang, dan pernah menjadi bakal calon anggota DPRD Sumbar, namun keberuntungan belum berpihak kepadanya. SL