arrow_upward

Prof. Dr. H. Azyumardi Azra Berpulang FJPI Berduka

Monday, 19 September 2022 : 01:46
Kenangan Ketua FJPI, Uni Lubis bersama
Prof. Dr. H. Azyumardi Azra beberapa waktu lalu. Dok Uni Lubis

PADANG – Kabar duka kembali menyelimuti Indonesia serta dunia Islam. Salah satu cendikiawannya, Prof. Dr. H. Azyumardi Azra, M.Phil, MA, CBE, tutup usia, Minggu 18/9, di Serdang Selangor Malaysia.

Pria kelahiran 4 Maret 1955 di Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat itu mengehembuskan napas terakhir di usia 67 tahun. Ia meninggalkan seorang istri, Ipah Farihah, dan empat orang anak masing-masing Raushanfikri Usada, Firman El-Amny Azra, Muhammad Subhan Azra, dan Emily Sakina Azra.

Berbagai kabar tentang penyebab kematian almarhum menyeruak. Ada yang memberitakan jika almarhum tutup usia karena Covid-19.

Almarhum sempat dirawat intensif dan menggunakan ventilator. Selain itu juga beredar kabar jika almarhum terkena serangan jantung di atas pesawat dari Jakarta menuju Malaysia.

Azyumardi pergi ke Malaysia untuk menjadi salah satu narasumber di sebuah acara. Acara itu yakni acara Angkatan Belia Islam Malaysia.

Semasa hidup almarhum pernah memegang jabatan penting seperti Ketua Dewan Pers periode 2022 – 2025 Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta periode 1998 – 2006, serta berbagai jabatan penting lainnya. 

Ketua Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI), Uni Lubis menyampaikan rasa duka atas kepergian Prof. Dr. H. Azyumardi Azra.

"FJPI sangat kehilangan dan berduka cita atas kepergian Prof Azyumardi Azra. Sosok yang obyektif, independen, pembela HAM dan kemerdekaan berekspresi yang diharapkan memimpin Dewan Pers dalam situasi sulit saat ini, terutama menjelang Pemilu 2024 di mana pers bisa ditarik ke arah pihak-pihak yang berkepentingan politik maupun bisnis. Prof Azyumardi juga sangat peduli terhadap kesetaraan gender dan isu perempuan dan anak". HR