arrow_upward

Pasar Padang Panjang dan Pakan Selasa Kamang Magek, Juara Lomba Pasar Rakyat 2022

Thursday, 18 August 2022 : 19:43

 



PADANG-Pasar Pusat Kota Padang Panjang menjadi pemenang dalam lomba pasar rakyat tingkat provinsi Sumbar tahun 2022. Pasar yang dikelola pemerintah nagari juara I dimenangkan oleh Pasar Pakan Selasa Kamang Magek Kabupaten Agam. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumbar, Asben Hendri mengatakan lomba pasar rakyat diselenggarakan untuk meningkatkan kualitas pasar rakyat yang merupakan salah satu sub sistim dalam sistim logistik nasional.

"Pasar sangat penting dan dibutuhkan pelaku usaha mikro dan kecil, sebagai komponen terbesar dalam ekonomi Sumbar. Makanya diselengarakan lomba ini dan penilaian telah dilakukan tim sejak Juni hingga Juli 2022," sebutnya, Kamis (18/8) di Padang.

Disebutkannya, tim juri Pasar Rakyat tingkat provinsi tahun 2022 terdiri dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumbar, DLH Sumbar, Dinas PU, Dinas Kesehatan Sumbar dan sejumlah OPD terkait lainnya. 

Kabid Perdagangan Disperindag Sumbar, Ridhonal, mengatakan pelaksanaan Pasar Rakyat tingkat provinsi mengacu pada indikator SNI 8152 2021 tentang standar penilaian. 

"Lomba terdiri atas dua kategori. Pertama antar kabupaten/kota dan kedua antar nagari. Lomba tahun ini diikuti oleh 17 kabupaten/kota," sebutnya.

Menurut Ridhonal, lomba Pasar Rakyat diselenggarakan setiap tahun. Tahun ini minus Mentawai dan Solok Selatan. 

"Untuk penilaian dilakukan dengan banyak indikator," terangnya.

Indikator yang dinilai diantaranya zonasi pasar, ruang kesehatan, racun api, mushola, toilet, penataan sampah dan lainnya.

"Dari sisi legalitas pasar ada pengelola pasarnya," terangnya lebih jauh.

Lewat lomba Pasar Rakyat tersebut diharapkan setiap pasar menjadi semakin baik, sehingga masyarakat yang berbelanja ke pasar rakyat merasa lebih aman dan nyaman.

Sementara juara II Pasar Rakyat yang dikelola pemkab dan pemko diraih Pasar Ibuh Kota Payakumbuh, juara III Pasar Rakyat Kota Pariaman. Harapan I diraih Pasar Tanah Kongsi Kota Padang, harapan II Pasar Serikat Kabupaten Tanah Datar dan harapan III Pasar Inpres Muaro Kabupaten Sijunjung. 

Pemenang II lomba Pasar Rakyat yang dikelola pemerintah nagari tahun 2022 adalah Pasar Pasaman Kabupaten Pasbar, juara III Pasar Batu Basa Kabupaten Padang Pariaman. Lalu harapan I, Pasar Situjuah Limapuluh Kota, harapan II Pasar Simabur Tanah Datar dan harapan III Pasar Pulau Punjung Dharmasraya. 

Masing-masing juara I untuk dua kategori pasar tersebut mendapat hadiah Rp25 juta. Hadiah diserahkan oleh Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy dalam kegiatan perayaan HUT RI di Halaman Rumah Dinas Gubernur, Jalan Sudirman Padang. YL