arrow_upward

Pasaman Diguncang Gempa, Getarannya Sampa ke Berbagai Daerah di Sumbar

Friday, 25 February 2022 : 09:35



PADANG-Gempa dengan magnitudo 5,2 dan 6,2 mengguncang Pasaman Barat (Pasbar), Sumatera Barat (Sumbar) pada Jumat (25/2/2022) pagi. Gempa terasa kuat hingga di sejumlah kawasan lain di Sumbar, seperti Kota Padang, Bukittinggi, Padang Panjang, Tanah Datar dan lainnya.

 

Di Padang, sebagian masyarakat berlari keluar rumah dan gedung tinggi.

 

"Gempa..!," teriak Putri spontan yang berada di salah satu gedung tinggi di kawasan Jalan Veteran Padang.


Dia pun berlari ke lantai dasar bersama penghuni gedung lainnya. Masyarakat pun berkumpul di masing-masing halaman gedung dan rumah.Sambil menunggu informasi dari pihak berkompeten.

 

Dari data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut terjadi di 0,14 Lintang Utara dan 99,99 Bujur Timur.

 

“Gempa terjadi di 18 kilometer Timur Laut Pasbar dengan kedalaman 10 kilometer,” tulis BMKG dalam informasi resminya.


Sebelumnya, pada subuh hari, gempa bumi juga mengguncang Kabupaten Dharmasraya. Gempa yang diketahui memiliki magnitudo 3,1 tersebut termasuk kecil sehingga hampir tak dirasakan masyarakat di kabupaten paling timur di Sumbar tersebut.


Koordinator Data dan Informasi BMKG Stasiun Padang Panjang, Hamdy Arifin menjelaskan, gempa dengan kedalaman 60 hingga 300 kilometer masuk ke dalam kategori zona subduksi.

 

“Gempa zona subduksi berbeda dengan Sesar Sumatera yang cenderung memiliki kedalaman dangkal, di bawah 30 kilometer,” katanya beberapa waktu lalu. (*)