-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Dosen UPI YPTK Padang Berbagi Ilmu Tata Kelola E-Marketing untuk Kelompok Usaha Rinuak

Tuesday, 28 September 2021 | 20:53 WIB Last Updated 2021-09-28T13:53:40Z
Penyerahan cendramata kepada peserta sosialisasi dan pelatihan


PADANG-Dosen Universitas Putra Indonesia (UPI) YPTK Padang, melakukan pengabdian dalam bentuk sosialisasi dan pelatihan. Kegiatan mengusung tema Tata Kelola E-Marketing Produk UMKM kepada kelompok usaha di Nagari Duo Koto, Tanjung Raya, Agam.


 "Pengabdian telah kami lakukan awal September 2021, selama beberapa hari. Pelatihan dan sosialisasi kami lakukan dengan menjalankan prokes ketat, mengingat sekarang wabah Covid-19 masih berlangsung," terang Ketua Tim Pengabdian Dosen UPI, Erna Susanti, MM, kepada Singgalang, Selasa (28/9).


 Dijelaskannya, sosialiasi dan pelatihan Tata Kelola E-Marketing Produk UMKM kepada kelompok usaha merupakan pelaksanaan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pendanaan UPI YPTK tahun 2021. Kegiatan itu dilaksanakan secara berkelanjutan sampai akhir tahun 2021. 


 "Kegiatan diawali dengan pelaksanaan sosialisasi strategi e-marketing dan penggunaan aplikasi profile bisnis online. Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan profile bisnis online," terangnya.

Foto bersama



Peserta kegiatan merupakan kelompok usaha produk makanan olahan dari rinuak dan kelompok usaha, yang menghasilkan berbagai macam poduk dari sampah plastik. Kegiatan yang dilaksanakan ini akan terus dipantau dan dilihat progressnya, kemudian akan dilakukan evaluasi pada beberapa bulan ke depan. Tujuannya untuk melihat perkembangan kegiatan kelompok usaha setelah implementasi e-marketing untuk promosi dan pemasaran produk UMKM. 


 "Kegiatan PKM yang kami selenggarakan disambut antusias oleh kelompok usaha di Nagari Duo Koto, karena selama ini kelompok usaha belum maksimal melaksanakan E-Marketing. Diharapkan dengan kegiatan ini produk UMKM dapat dikenal lebih luas dan meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan kelompok usaha di Nagari Duo Koto, Tanjung Raya, Agam," jelas Erna.


Dalam pelatihan, tim pengabdian UPI membantu pelaku usaha rinuak membuat akun profile google bisnis, untuk media promosi dan pemasaran produk UMKM. 


 "Kami mengajarkan strategi e-marketing dengan memanfaatkan aplikasi mesin penelusur (search engine) uuntuk mempromosikan dan pemasaran produk. Kemudian kami juga mengajarkan pelaku usaha yang umumnya dilakoni ibu-ibu untuk promosi," katanya. 


 Di google bisnisku terang Erna, akan mengintegrasikan informasi bisnis pelaku usaha, dengan google penelusuran dan google map. Sehingga bisnis seseorang lebih mudah ditemukan dan customer dapat mengetahui lokasi, rute lokasi, telp, jam operasional, jenis produk, dan ulasan atau review dari customer lainnya.


Sementara, selain melakukan sosialisasi dan pelatihan Tata Kelola E-Marketing Produk UMKM , tim PKM UPI yang beranggotakan Anggi Hadi Wijaya, juga mengajak masyarakat setempat menjalan prokes. Seperti mencuci tangan setiap kali melakukan aktivitas, menggunakan masker, jaga jarak dan tidak berkerumun. 107
×
Berita Terbaru Update