Pemprov Sumbar Belajar Merit Sistim ke Jabar

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil memberikan cendramata kepada Wagub Sumbar, Audy Joinaldy. Ist


PADANG-Pemerintah provinsi Sumbar belajar tentang merit sistim ke Provinsi Jawa Barat. Dipilihnya Jabar sebagai tempat belajar karena provinsi yang dipimpin Ridwan Kamil itu, satu yang terbaik di Indonesia.


Dalam Undang-Undang, sistem merit didefinisikan sebagai kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi.


Sistem Merit penerapannya telah diamanatkan dalam UU No 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Tujuan diterapkannya Sistem Merit adalah untuk memastikan jabatan pegawai yang ada di birokrasi pemerintah yang memenuhi persyaratan kualifikasi dan kompetensi.


Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy yang memimpin rombongan ke Jabar mengatakan kedatangannya beserta rombongan bertemu Gubernur Jabar ini dinilai sebagai langkah tepat, dalam upaya percepatan penerapan merit system di Pemprov Sumbar.


“Jawa Barat sudah dikenal sebagai salah satu yang terbaik dalam penerapan merit system ini. Kami di Sumatera Barat pun akan segera menerapkan merit system untuk peningkatan kualitas dan kinerja birokrasi. Saya berharap dalam 1 tahun ke depan, Sumatera Barat juga bisa mengikuti keberhasilan Jawa Barat dalam penerapan merit system ini,” ujar Audy Joinaldy, saat bertemu dengan Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, Senin (31/5) di Gedung Sate.


Melalui kunjungan kali ini, Audy Joinaldy yang didampingi beberapa Kepala OPD di lingkup Pemprov Sumbar juga menyepakati beberapa kerjasama antara Pemprov Sumbar dengan Pemprov Jabar. Di antaranya, adalah pada sektor penerapan teknologi informasi (IT) dan penggunaan aplikasi digital.


Kepala Diskominfotik Sumbar, Jasman Rizal Dt. Rajo Bendang, yang ikut mendampingi Audy Joinaldy, menjelaskan, Pemprov Jawa Barat juga telah menjadi salah satu provinsi terdepan dalam penerapan IT pada pelayanan publiknya.


Sehingga, Pemprov Sumbar juga mengambil kesempatan ini untuk melakukan studi tiru pelaksanaan pelayanan publik berbasis IT yang sudah berlangsung optimal di Jawa Barat.


"Alhamdulillah, pada kunjungan ini kita juga mendapatkan kesempatan menyaksikan penggunaan IT oleh Pemprov Jabar dalam pelayanan publik dan penyelenggaraan pemerintahan. Insya Allah ke depannya akan ada kerjasama antara Pemprov Sumbar dan Pemprov Jabar, terutama terkait sharing aplikasi dan teknologi," jelas Jasman.

 

Kedatangan rombongan Wakil Gubernur Sumatera Barat ini ditutup dengan kunjungan ke Command Centre Pemerintah Provinsi Jawa Barat, yang juga merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia. YL

0 Comments