Menabung Sapi untuk Dunia dan Akhirat, Raudhah Farm Tempatnya



 LUBUK BASUNG-Masyarakat Sumbar, yang ingin menabung sapi kini bisa ikut program tabungan sapi di Raudhah Farm, Lubuk Basung. Saat ini perusahaan pemelihara sapi itu telah memiliki ratusan ekor sapi.


Firdaus Direktur Raudah Farm Jumat (2/4) di Lubuk Basung, mengatakan perusahaan yang dia pimpin telah berkiprah sejak tahun lalu. 


"Kini kami telah berkontribusi dalam mencukupi kebutuhan pasar ternak baik untuk konsumsi sehari hari, maupun kebutuhan korban di Sumbar," kata Firdaus.


Disebutkannya, pemeliharaan sapi oleh Raudah disebar di beberapa tempat di Kurao Manggopoh dan di Nagari Bawan. Ada dua bentuk pemeliharaan di sana, dipelihara perusahaan dan dipercayakan kepada masyarakat.


“Jumlah sapi kini ada 270 ekor itu,  dari jumlah itu 70 ekor adalah sapi titipan mitra dan yang 200 nya milik Raudhah Farm sendiri,” kata Firdaus.


Saat ini sebanyak 40 orang mitra pemodal yang ikut tabungan sapi dengan Raudah.


”Minimal peserta menitip 1ekor sapi, tapi ada yang 5 , 6 dan 7 ekor,” katanya.


Pola pemeliharaan kata Firdaus juga ada dua, yakni penggemukan dan peranakkan. Penggemukan adalah sapi jantan , untuk peranakan tentu saja betina.


Khusus kerjasama kemitraan dengan pemilik modal, Raudah membuat kontrak mitra di atas materai dengan notaris. Inti kontrak adalah Raudhah bertanggungjawab untuk memelihara sapi, termasuk kematian sapi akibat kelalaian pemeliharaan.


“Jika sapi mati akibat kelalaian Raudah wajib mengganti sapi yang bersangkutan,” ujarnya.


Pihak Raudah bekerja dengan peternakan untuk menjamin kesehatan sapi. ” Secara berkala kita didatangi oleh petugas peternakan dari dinas peternakan ” katanya.


Tentang bagi hasil, keuntungan pemeliharaan penggemukan dan peranakkan, yaitu bagi dua.” Separuh keuntungan hak pemodal atau mitra, sisanya 40 persen untuk perusahaan dan 10 persen sebagai sadakah untuk pengembangan pendidikan yayasan Raudah”, kata Firdaus.


Karena itu katanya, jika ikut menabung sapi di Raudah akan memperoleh keuntungan ganda, yaitu keuntungan hasil penjualan sapi dan keuntungan pahala sedekah. 


” Maka marilah kita berinvestasi di Raudah,” kata Firdaus yang juga hafizh Alquran ini. (MK)

 

 

0 Comments