-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Libur Nataru, Pengguna Ketera Api Diprediksi Membludak

Friday, 18 December 2020 | 19:48 WIB Last Updated 2020-12-18T12:48:14Z

Penumpang KA di Stasiun Simpang Haru, mencuci tangan dalam rangka mematuhi protokol kesehatan.Ist



PADANG
-Menjelang masa liburan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru), PT KAI Divre II Sumbar meminta masyarakat pengguna kereta api mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan. PT KAI menetapkan Masa Angkutan Nataru 2020/2021 mulai tanggal 18 Desember 2020 sampai dengan 6 Januari 2021.


“Masa liburan akhir tahun akan segera tiba dan diperkirakan pengguna kereta api di Sumbar akan mengalami peningkatan. Untuk itu, dihimbau agar selalu mematuhi protokol kesehatan seperti wajib menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan saat berada di area stasiun dan di atas kereta,” ungkap Kepala Humas PT KAI Divre II, Ujang Rusen Permana, Jumat (18/12).


Protokol kesehatan diterapkan secara ketat seperti kewajiban memakai masker, pengecekan suhu tubuh tidak lebih dari 37.3 derajat celsius, pengaturan jarak di ruang tunggu dan di atas kereta, serta pembatasan kapasitas penumpang kereta maksimal 70%.


Pada masa liburan akhir tahun, Divre II tetap mengoperasikan 8 perjalanan KA Lokal Sibinuang relasi Padang – Pariaman – Naras Pp dan akan menggunakan rangkaian cadangan jika kondisi jumlah penumpang meningkat secara signifikan.


Khusus untuk keberangkatan hari Sabtu dan Minggu, KA Sibinuang keberangkatan dari Stasiun Padang pukul 05.45 WIB dibatalkan dan diganti dengan jadwal pukul 07.00 WIB.


Rata-rata penumpang harian pada saat ini adalah 1.300 orang dan diperkirakan akan mengalami peningkatan sekitar 30% pada masa liburan akhir tahun.


“Dengan pembatasan kapasitas maksimal 70%, maka ada 2.140 seat yang disediakan setiap harinya untuk KA Lokal Sibinuang dari kapasitas normal 3.056 seat.  Dan berdasarkan data masa libur panjang sebelumnya, memang terjadi kenaikan volume penumpang secara signifikan. Petugas akan terus memantau dan mengecek ketaatan penumpang dalam menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan,” tambah Rusen.


Untuk pemesanan tiket, masyarakat bisa menggunakan aplikasi KAI Access yang bisa diunduh di playstore atau appstore. Dengan KAI Access, pemesanan tiket lebih mudah tanpa harus datang ke loket stasiun.


“Untuk agenda bepergian pada masa liburan akhir tahun, masyarakat bisa memesan tiket KA Sibinuang melalui aplikasi KAI Access. Tiket bisa dipesan 7 hari sebelum keberangkatan. Hal ini untuk semakin memudahkan pelayanan dan meminimalisir kontak fisik di masa pandemi,” tutup Rusen.YS

×
Berita Terbaru Update