Hari Ibu, Ratusan Perempuan Menjalani Swab Massal

Salam semangat dari tim Penggerak PKK Sumbar sebelum menjalani tes. Ist


PADANG-Ratusan perempuan berseragam hijau dan biru toska antri untuk menjalani swab test di kantor Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumbar, Jalan Rasuna Said Padang. Hari itu terlihat berbeda dibanding hari-hari sebelumnya. 


Seorang petugas kesehatan berbalut baju hazmat tampak dengan hati-hati memasukan alat pengambil lendir ke hidung para peserta swab. Mereka yang diswab pun menahan napas agar proses pengambilan swab berjalan dengan baik.


"Sudah buk, sudah selesai pengambilan swabnya," kata petugas pada perempuan berseragam biru toska yang tak lain satu dari sekian banyak pengurus PKK Sumbar. 


Memang tak butuh lama untuk mengambil swab seseorang. Kemudian swab yang diambil dari hidung dan tenggorokan dimasukan ke dalam botol. 


"Tidak sakit. Hanya geli sedikit," kata pengurus PKK tersebut.


Swab massal diselenggarakan PKK Sumbar, dalam rangka menyambut Peringatan Hari Ibu (PHI) yang jatuh pada 22 Desember 2020. Swab massal itu diperuntukan bagi anggota PKK dan masyarakat umum.


Wakil Ketua II TP-PKK Prov Sumbar, Elinda Alwis, mengatakan swab massal dilakukan adalah sebagai tindak lanjut instruksi Presiden Nomor 6 tahun 2020, tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19.


"Kami PKK Sumbar selaku mitra pemerintah ikut berperan menyelenggarakan test swab gratis untuk perempuan. Ini bertujuan untuk mengetahui secara dini apakah kami ada yang positif atau negatif. Maka langkah yang perlu diambil adalah melalui test swab," sebut Linda. 


Selanjutnya ia, juga menyebutkan arahan TP-PKK Pusat meminta, penanganan Covid-19 harus melibatkan seluruh tim penggerak PKK se Indonesia. Terkhusus pengurus agar melakukan Rapid Test atau Swab, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar dan lintas sektor terkait.


"Maka pada hari ini (Rabu-red) test swab dilakukan bagi seluruh TP-PKK dan masyarakat baik kota maupun di kabupaten khususnya bagi perempuan. Swab ini gratos, sesuai dengan tema Peringatan Hari Ibu ke 92 tingkat nasional," ungkap Elinda.


Sementara itu, Siti Zakiah selaku Wakil Sekretaris TP-PKK Prov Sumbar juga mengatakan pelaksanaan test swab gratis tersebut dilakukan tidak hanya di Provinsi Sumbar saja tetapi juga dilakukan oleh seluruh tim penggerak TP-PKK Provinsi se Indonesia.


"Untuk hari ini TP-PKK Prov Sumbar melakukan swab gratis ditargetkan 100 orang. Tes juga diikuti dari beberapa TP-PKK di 19 kabupaten dan kota.  Per titik 100 orang. Jadi total keseluruhannya 2000 swab gratis se Sumbar," ucap Siti Zakiah.


Pelaksanaan test swab tersebut sudah dimulai sejak 14 lalu akan berakhir pada 21 Desember nanti dan semua aktivitas kemarin dividiokan sebagai laporan ke Tim Penggerak PKK Pusat lengkap dengan data hasil selama dalam pelayanan.


Setelah itu, rencananya akan dilakukan evaluasi secara virtual oleh Tri Tito Karnavian Ketua Umum TP-PKK Pusat. YL


0 Comments