Rabu Besok Ada Pasar Murah di By Pass Padang, Ayo Buruan..

Pedagang sembako di Pasar Raya Padang. Ist

PADANG-Pemerintah provinsi Sumbar Rabu 15 Juli 2020, akan menggelar pasar murah di Pasar Mitra Petani atau Toko Tani Indonesia Central (TTIC) di Jalan By Pass, Padang. Pasar murah itu untuk meringankan beban masyarakat yang hingga kini masih terdampak pandemi.

Kepala Dinas Pangan Sumbar, Efendi, kepada wartawan di Padang mengatakan di pasar murah tersebut ada pangan murah di antaranya juga ada yang bersubsidi.

"Selama pandemi semuanya terdampak. Makanya pemerintah memberikan jalan dengan meringankan beban masyarakat, menyediakan pangan murah dan bersubsidi," sebutnya Senin (13/7)

Disebutkannya, daya beli masyarakat juga rendah dan sejumlah kebutuhan pangan ada yang harganya meningkat dan ada pula yang menurun. Tapi secara umum saat ini harganya relatif stabil. Ini semata-mata untuk meringankan beban masyarakat.

"Bazar pangan murah tersebut diadakan selama tiga hari (15-17 Juli) di TTIC dengan menawarkan sejumlah kebutuhan pangan. Bahkan empat komoditi pangan di antaranya, dapat subsidi dengan jumlah terbatas seperti beras 5 kg dapat subsidi Rp10 ribu atau per kupon," kata Efendi yang didampingi Kepala UPTD Distribusi, Pasokan, dan Akses Pangan, Dinas Pangan Sumbar, Suswita.

Kemudian, cabe  yang harga standarnya Rp25 ribu/kg dapat subsidi Rp5 ribu menjadi Rp16 ribu. Bawang merah Rp25 ribu dapat subsidi Rp5 ribu sehingga harganya menjadi Rp20 ribu. Begitu pula telur, rata-rata Rp43 ribu/30 butir dapat subsidi Rp5 ribu menjadi Rp38 ribu.

Komoditi pangan lainnya tidak subsidi tapi harga relatif murah, karena didatangkan langsung dari petani dan distributor. Di TTIC ada aneka sayuran, olahan ikan, daging dan lainnya.

"Bagi masyarakat yang ingin membeli pangan murah dan bersubsidi, diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan di lokasi. Mulai pemeriksaan suhu tubuh, wajib pakai masker dan jaga jarak. Tidak hanya pengunjung, yang melayani pengunjung juga demikian. DC