Kabar Baik, Hari Ini Hanya Satu Pasien Positif Covid-19 di Sumbar

ilustrasi tirto.id

PADANG-Hari ini Selasa (30/6) hanya ada satu pasien positif Covid-19 yang dilaporkan Juru Bicara Gugus Tugas Penangan Covid Sumbar. Satu pasien tersebut berjenis kelamin laki-laki asal Sijunjung.

Penambahan satu kasus tersebut menjadikan jumlah pasien positif diangka 726 orang. Pasien sembuh kemarin bertambah 12 orang dan menambah jumlah yang sehat menjadi 600 orang. 

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal menjelaskan dari total 726 pasien positif sebanyak 54 orang (7,4%) dirawat di RS sejumlah daerah, isolasi di fasilitas 41 orang (5,6%). Pasien meninggal dunia 31 orang (4,3%), sembuh 600 orang (82,6%).

"Laporan dari tim Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc ke Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar dari 1.712
sample swab yang dikirim survailance berbagai rumah sakit kabupaten dan kota se Sumbar (1.667 diperiksa di Lab Unand dan 45 sample di Baso Agam), terkonfirmasi sample yang positif satu orang. Pasien berasal dari Kabupaten Sijunjuang," sebut Jasman dalam pers rilisnya Selasa (30/6).

Menurutnya, satu pasien positif asal Sijunjung tersebut berjenis kelamin Pria 29 th, warga Tamparungo, pekerjaan anggota KPPS, diduga terpapar dari pekerjaan, penanganan isolasi mandiri sementara.

Pasien sembuh sebanyak 12 orang dengan rincian :

1. Wanita 56 th, warga Aia Tawa Barat Kota Padang, status IRT, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien Semen Padang Hospital.

2. Pria 12 th, warga Jati Baru, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien Semen Padang Hospital.

3. Balita (perempuan) 4 th, warga Kurao Pagang, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Rasidin Padang.

4. Pria 45 th, warga Piai Tangah, pekerjaan tukang ojek, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien karantina BPSDM.

5. Anak-anak (perempuan) 5 th, warga Piai Tangah, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien karantina BPSDM.

6. Bayi (perempuan) 2 bulan, warga Piai Tangah, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, karantina BPSDM.

7. Wanita 13 th, warga Piai Tangah, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien karantina BPSDM.

 8. Pria 51 th, warga Kuranji, pekerjaan Satpol PP, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien karantina BPSDM.

9. Wanita 27 th, warga Kalumbuk, status IRT, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien karantina BPSDM.

10. Pria 35 th, warga Pasa Gadang, pekerjaan swasta, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien karantina BPSDM.

 11. Pria 32 th, warga Gunuang Pangilun, pekerjaan Satpol PP, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien karantina BPSDM.

12. Wanita 28 th, warga Gunuang Pangilun, status IRT, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien karantina BPSDM.

Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 9.754 orang. Proses pemantauan 163 orang, dengan rincian karantina Pemda 2 orang dan 142 orang isolasi mandiri. Selesai pemantauan 9.591orang.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 1332 orang. Masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil lab 19 orang. Dinyatakan negatif, pulang dan sembuh 1313 orang. DC