UMKM Padang Pariaman Siap Go Digital dengan QRIS

Deputi Kepala Perwakilan BI Sumbar, Dandy Indarto Seno (kanan), memberikan cenderamata pada Kepala Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan UKM Padang Pariaman, Jon Kenedi. Ist




PADANG -Sebanyak 250 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Padang Pariaman mengikuti sosialisasi tentang Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia (BI) Sumbar. 

Antusiasme para UMKM terlihat dari keaktifan mereka dalam mengikuti materi sosialisasi dan sesi tanya jawab.

Deputi Kepala Perwakilan BI Sumbar, Dandy Indarto Seno, menjelaskan bahwa QRIS adalah metode pembayaran yang mudah, aman, dan efisien. QRIS dapat digunakan oleh semua orang tanpa perlu memiliki aplikasi pembayaran tertentu.

“QRIS ini adalah solusi pembayaran yang tepat bagi UMKM di era digital ini. Dengan menggunakan QRIS, UMKM dapat meningkatkan penjualan, mempermudah pencatatan transaksi, dan mengurangi risiko uang palsu,” ujar Dandy.

Dandy menambahkan bahwa BI Sumbar terus mendorong UMKM di Sumatera Barat untuk beralih ke transaksi non-tunai dengan QRIS. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk mewujudkan cashless society.

Kepala Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan UKM Padang Pariaman, Jon Kenedi, menyambut baik sosialisasi QRIS yang diadakan oleh BI Sumbar. Ia berharap dengan sosialisasi ini, semakin banyak UMKM di Padang Pariaman yang menggunakan QRIS dalam usaha mereka.

“Penggunaan QRIS akan membantu UMKM di Padang Pariaman untuk berkembang dan meningkatkan ekonomi daerah,” kata Jon Kenedi.

Sosialisasi QRIS ini merupakan salah satu langkah nyata BI Sumbar untuk mendukung UMKM di Padang Pariaman agar siap memasuki era digital. Dengan menggunakan QRIS, UMKM di Padang Pariaman dapat meningkatkan daya saing mereka dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan.

Beberapa manfaat QRIS bagi UMKM:

Meningkatkan penjualan
Mempermudah pencatatan transaksi
Mengurangi risiko uang palsu
Memperluas jangkauan pasar
Meningkatkan kredibilitas usaha
UMKM di Padang Pariaman yang ingin menggunakan QRIS dapat mendaftarkan diri ke bank atau lembaga penyelenggara jasa sistem pembayaran (PJSP) yang telah bekerja sama dengan BI. Pendaftaran QRIS mudah dan gratis.

Dengan beralih ke QRIS, UMKM di Padang Pariaman siap untuk Go Digital dan menjangkau pasar yang lebih luas. YL

0 Comments