Siswa SMA 1 Gunung Talang Dibekali Imu Pencegahan Kekerasan di Sekolah

Tim P2TP2A Limpapeh Rumah Nan Gadang saat sosilaisasi pencegaha kekerasn di SMA 1 GunungTalang. Ist
KABUPATEN SOLOK -Tim P2TP2A Limpapeh Rumah Nan Gadang Sumbar, terus bergerak menyuarakan anti kekerasan pada perempuan dan anak. Selasa, 25 Juli 2023, tim yang langsung dipimpin Ketua P2TP2A Limpapeh Rumah Nan Gadang Sumbar, Hj. Harneli Mahyeldi,mendatangi SMA 1 Gunung Talang Kabupaten Solok. 

Kehadiran tim disambut Kepala Sekolah SMA 1 Gunung Talang, majelis guru dan ratusan siswa-siswi. Dalam kesempatan itu Harneli yang biasa disapa Umi, memberi tausiah untuk para siswa. Umi mengajak mereka untuk menjadi pelajar yang anti kekerasan, bully dan kejahatan lainnya. 

Dalam kunjungan itu Tim P2TP2A Limpapeh Rumah Nan Gadang juga menyosialisasikan tentang pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak. 

Ketua P2TP2A Limpapeh Rumah Nan Gadang Sumbar, Hj.Harneli Mahyeldi mengatakan tindak kekerasan di lingkungan sekolah dewasa ini masih saja terjadi. Seperti bully, pelecehan seksual dari pendidik atau teman sesama. Untuk itu Tim P2TP2A Limpapeh Rumah Nan Gadang turun ke sekolah-sekolah. 

Tujuannya mengedukasi para siswa, guru dan civitas sekolah agar tidak melakukan tindak kekerasan di lingkungan sekolah.

"Kekerasan di lingkungan sekolah masih banyak terjadi di sekitar kita. Untuk itu kami mengajak siswa, guru untuk melakukan pencegahan. Jika anak-anak melihat tindak kekerasan oleh temannya kepada sesama siswa, laporkan ke guru. Jangan biarkan apalagi ikut serta dalam tindak kekerasan tersebut," terang Umi Harneli Bahar. 

Disebutkannya, Indonesia akan memasuki bonus demografi pada 2045 mendatang. Atas kondisi ini generasi sekarang harus disiapkan menjadi generasi tangguh, cerdas, beriman dan bertaqwa, serta jauh dari berbagai masalah sosial, tindak kekerasan, pelecehan seksual dan lainnya. 

"Jika generasi sekarang jauh dari berbagai prilaku negatif, insyaallah pada 2045 mendatang negara kita akan dipimpin oleh generasi yang baik. Berilmu, beriman, sehat dan yang paling penting berakhlak mulia," ujarnya.

Sementara, dalam kesempatan itu Umi Harneli juga memaparkan tentang Undang-undang dan Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak di Sekolah, Turut hadir sejumlah nara sumber lainnya dengan kompetensi masing-masing. YL

0 Comments