Lebaran Haji Makin Dekat, Pemprov Sumbar Bakal Suplai Sapi dari Provinsi Terdekat

Penampakan sapi dari Presiden RI, Joko Widodo untuk masyarakat Sumbar saat Lebaran Haji 2022. Inews Tv
PADANG-Idul Adha atau Lebaran Haji  1444 H/2023 jatuh pada akhir Juni 2023. Untuk itu Pemprov Sumbar bakal mempersiapkan kebutuhan sapi akan didatangkan dari provinsi tetangga. Seperti Sumut, Aceh Lampung dan provinsi lainnya.

"Ya, rencananya suplai ternak sapi akan didatangkan dari Medan Provinsi Sumatera Utara, Aceh dan Lampung dan daerah lainnya," sebut Gubernur Kamis (15/6) di Padang.

Mahyeldi beralasan didatangkannya sapi dari luar karena kemampuan Sumbar memenuhi kebutuhan ternak hanya 40 persen saja. Sedangkan kebutuhan sapi untuk kurban tahun 2023 sebanyak 60.000 ekor sapi. 

“Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan sudah sinergi memperhitungkan kecukupan ternak. Untuk persiapan kurban Idul Adha kemampuan daerah ini memenuhi kebutuhan sapi hanya 40 persen," sebutnya.

Saini sapi kurban dari Pemprov Sumbar sudah lebih 60 ekor. Daging sapi itu akan distribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Sapi Presiden

Lebaran Haji tahun ini Presiden RI, Joko Widodo juga kembali akan berkurban untuk masyarakat Sumbar. Sebab tahun-tahun sebelumnya orang nomorsatu di Indonesia itu selalu menyalurkan kurban untuk masyarakat Ranah Minang.

“Ya, tahun-tahun sebelumnya Pak Presiden selalu mengirimkan sapi kurban untuk masyarakat kita. Tahun lalu kita sebar ke daerah bencana di Pasaman dan Pasaman Barat. Sekarang kita distribusikan ke daerah yang membutuhkan. Tidak hanya dari Pak Presiden, kita berharap juga sapi kurban dari Pak Wakil Presiden,” pintanya. 

0 Comments