Pameran Bonsai Turut Meriahkan Festival Muaro Padang

PADANG-Festival Muaro Padang 2023 juga dimeriahkan dengan pameran bonsai. Sedikitnya, 75 bonsai dengan berbagai kreasi dipamerkan dalam event menyambut wisatawan selama libur Lebaran Idul Fitri 1444 H/ 2023 M.

Bonsai yang dipamerkan ini merupakan bonsai pilihan dan sudah diseleksi terlebih dulu, sehingga dapat menarik perhatian pembeli.

“Semua tanaman bonsai yang dipamerkan ini berasal dari Kota Padang,” kata Ketua Persatuan Pencinta Bonsai Indonesia (PPBI) Kota Padang, Azhari, Rabu (26/4).

Berbagai macam bentuk dan harga bonsai dipamerkan. Mulai dari bibit yang dibanderol seharga Rp50 ribu. Kemudian, ada pula bonsai yang sudah besar dipatok harga Rp60 juta hingga Rp80 juta.

“Semakin tua umur bonsai maka semakin mahal juga harganya, kesabaran menjadi hal yang penting dalam hidup ini, seperti itulah hikmahnya jika kita ingin menjadi orang yang bernilai,” ungkap Azhari menjelaskan soal filosofi hidup yang mirip dengan bonsai.

Menurutnya, tanaman bonsai ini melambangkan karya seni yang membutuhkan kesabaran.

“Bonsai merupakan tanaman yang tidak akan pernah selesai, butuh kesabaran dalam merawatnya, butuh ketekunan dan pemupukan. Walaupun terbilang mahal, kemarin sudah ada yang membeli bonsai ini,” jelas Ketua PPBI Kota Padang itu.

Pameran bonsai ini mampu menarik dan membuat pengunjung antusias. Mulai dari pengunjung yang benar-benar ingin tahu karena ingin membeli, dan ada pula sekadar melihat tanaman karena penasaran.

“Bonsai sendiri termasuk ke dalam barang eksklusif. Nantinya kita berharap kepada para kolektor mencari bonsai ini ke Sumbar, khususnya Kota Padang,” lanjutnya.

Ia juga menjelaskan, uang hasil penjualan tanaman bonsai yang laku akan diserahkan kepada pemiliknya. Ketua PPBI Kota Padang Azhari berharap dengan kegiatan ini dapat memajukan UMKM dan petani bonsai.YL

0 Comments