PIN PAPDI XIX, Dimulai Hari Ini, 1000 Dokter dari Seluruh Tanah Air, Update Ilmu Terbaru di Padang

Friday, 11 November 2022 : 19:05
Ketua Umum Pengurus Besar (PB) PAPDI Dr. dr Sally A Nasution , SpPD, KKV FINASIM FACP, bersama jajaran memberikan keterangan pers dalam PIN Papdi ke 19 di Padang.

PADANG-Sebanyak 1.000 dokter mengikuti iven Pertemuan Ilmiah Nasional (PIN) Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) XIX yang digelar di Padang, Jumat-Minggu (11-13/11). 

“Kegiatan tahunan PAPDI ini, sempat terhenti selama dua tahun akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia,” kata Ketua Umum Pengurus Besar (PB) PAPDI Dr. dr Sally A Nasution , SpPD, KKV FINASIM FACP., kepada wartawan dalam konferensi pers usai pembukaan acara tersebut.

Sally saat itu didampingi Ketua Pelaksana yang juga Ketua Divisi Organisasi PAPDI Pusat Dr dr Sukamto Koesnoe, SpPD, K-AI , FINASIM.,  Ketua PAPDI Cabang Sumbar, dr. Akmal Mufriady Hanif Sp PD KKV. Mars FINASIM, dan Ketua IDI Wilayah Sumbar Dr Pom Harry Satria Sp.OG(K).

Dikatakannya, sebanyak 800 lebih peserta mengikuti kegiatan ini secara langsung (offline) dan sisanya mengikuti secara online. Berbagai ilmu terbaru di bidang penyakit dalam, termasuk perkembangan dan penanganan Covid-19 akan dibahas dalam pertemuan selama tiga hari tersebut.  Totalnya, menurut Sally, ada 54 sesi workshop, dua sesi kuliah umum dan 12 sesi simposium.  

Ia menyebutkan, kegiatan ini menampilkan lebih dari 100 narasumber bertaraf nasional dan internasional. 

Mereka semua akan memberikan pencerahan pada para dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis lainnya yang terkait dengan spesialis penyakit dalam, serta dokter umum yang mengikuti kegiatan tersebut. 

"Misi yang dibawa PIN PAPDI adalah untuk membantu Dokter Spesialis Penyakit Dalam di seluruh Indonesia dalam meningkatkan kompetensinya. Tema yang diambil pada tahun ini adalah Update in Diagnostic Procedure and Treatment in Internal Medicine: Towards Evidence Based Competency," ulasnya.

Pada acara PIN kali ini, panitia juga menyelenggarakan Scientific Competition on Internasl Medicine (SCIM) yang kedua. SCIM pertama diselenggarakan tahun 2019 di Surabaya. SCIM adalah ajang kompetisi ilmiah, yang kali ini diikuti 84 peserta yang membentuk 28 tim. Sebanyak 17 tim kategori peserta program pendidikan dokter spesialis (PPDS) penyakit dalam, dan 11 tim kategori anggota PAPDI Cabang. Acara SCIM ini diharapkan dapat mengakrabkan internis dan sekaligus mengupdate ilmu penyakit dalam yang terus berkembang. YL



Silahkan Dibagikan
Sebelumnya
Berikutnya

0 comments :

Copyright © 2022 Kita Punya - KitaPunya.id - All Rights Reserved
Teruslah Kunjungi Portal Berita Kita Punya