arrow_upward

Sharing Diskusi dengan Forum Jurnalis Perempuan, Ini yang Disampaikan Aqua Dwipayana, Motivator Ternama di Tanah Air

Thursday, 8 September 2022 : 19:40
Foto bersama DR. Aqua Dwipayana saat sharing diskusi dengan Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumbar. Ist


PADANG-Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr. Aqua Dwipayana, terus saja berbagi ilmu kepada banyak orang. Rabu pagi (7/9), pria berdarah Minangkabau itu mendarat di Bandara Internasional Minangkabau. 

Kedatangannya ke kampung halaman untuk sejumlah agenda yang telah terjadwal. Dari sekian banyak agenda, bertemu Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumbar adalah salah satunya. 

Banyak hal yang dibahas Aqua bersama para wartawati tersebut. Salah duanya soal isu terkini tentang naiknya harga BBM.

Menurut Aqua, kondisi keuangan negara saat ini memang sudah ditaraf memprihatinkan. Pemerintah harus mengambil tindakan yang tepat dan tegas berkaitan dengan harga bahan bakar yang selama ini menjadi penopang perekonomian RI. 

“Subsidi banyak dinikmati oleh golongan elit yang seharusnya tidak mengambil. Menaikkan BBM adalah bagian dari strategi yang memang harus diambil oleh pemerintah, tidak hanya untuk menyelamatkan kas negara tetapi juga untuk pemerataan di kalangan rakyat yang seharusnya berhak mendapat bantuan. Masalahnya, pemerintah abai untuk mengkomunikasikan kebijakan tersebut dengan baik kepada masyarakat. Persoalan komunikasi inilah yang perlu menjadi perhatian. Perlu perbaikan,” kata Aqua.

Persoalan lain yang dibahas sore itu tentang tol di Sumbar. Hingga saat ini persoalan tol belum tuntas di Ranah Minang.

"Jika tol ga jadi di Sumbar, ini jalan buruk bagi Sumbar. Jika tak hati-hati, provinsi kita akan jadi yang terbelakang," sebut Pria yang menempuh studi linier di bidang Komunikasi sejak jenjang S1, S2, hingga S3 tersebut.

Menurutnya, belum tuntasnya persoalan tol di Sumbar karena komunikasi yang belum baik, antara pemerintah daerah dengan masyarakat. Karena itu dia menyarankan komunikasi itu perlu diperbaiki.

Dalam kesempatan itu Aqua juga tak bosan-bosan memotivasi jurnalis untuk semangat dan fokus dalam menjalankan profesi. 

"Fokuslah dalam pekerjaan. Jangan setengah-setengah. Jika kita fokus, maka hasilnya akan maksimal," terang dia. 

Pria yang dikenal dengan tagline komunikasi dan silaturrahmi ini telah membuktikan betapa dahsyat hasilnya.

Ketua Forumu Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumbar, Nita Arifin mengatakan sangat berterima kasih kepada Dr. Aqua Dwipayana, yang telah meluangkan waktu di tengah jadwal yang begitu padat.

"Kami dari FJPI Sumbar sangat berterima kasih atas sharing diskusi ini. Bersua dengan Pak Aqua sesuatu yang luar biasa bagi kami. Sebab kami banyak mendapat ilmu dari Pak Aqua. Insyaallah ilmu yang bapak bagi akan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari," kata Nita.

Selain silaturrahmi dengan FJPI Sumbar, Aqua juga sharing Komunikasi dan motivasi kepada ribuan mahasiswa di Universitas Andalas Padang di Limau Manis Kec. Pauh, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, Kamis pagi, 8 September 2022.

Materi yang disampaikan bertajuk “Sukses Pascakuliah”. Dr Aqua mendapat undangan langsung dari Rektor Universitas Andalas Prof Yuliandri yang merupakan sahabat dekatnya.

Sejak Senin pagi, 5 September 2022, Dr Aqua menjalani jadwal kegiatan yang padat dan produktif. Selama empat hari dalam pekan ini, doktor Komunikasi lulusan dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran tersebut melakukan perjalanan dan aktivitas. Dalam kunjungannya ke Kota Padang, bapak dua anak ini beraktivitas di sana sekitar 28 jam. 

Sharing diskusi Rabu petang itu dihadiri Yuke wartawai harian Singgalang/topsatu.com, Mona Sisca Tribun Sumbar,  Devi Diany, Harian Khazanah, Nita Indrawati (Padangmedia), Ka'bati (sumbarsatu/khazanah),Sri Taufik (Lintas Media), Dewi/ Relasipublik com dan Yeyen tim media sosial Topsatu.com. YL