-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Lulus dengan Predikat Sangat Memuaskan, Ini Gelar Terbaru Audy Joinaldy

Monday, 20 December 2021 | 21:40 WIB Last Updated 2021-12-20T14:40:03Z

Suasana sidang promosi doktor yang berlangsung secara virtual. Ist


BOGOR-Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy berhasil meraih gelar doktor Model Logistik 4.0 Unggas pertama di Indonesia. Gelar baru tersebut menambah deretan panjang gelar akademis ayah dari tiga anak itu. 

 
Dalam desertasinya, Audy membahas tentang Perencanaan Model Logistik 4.0 untuk Bisnis Day-Old Chick (DOC). Menariknya, tema ini pun, disertasi pertama di Indonesia yang membahas digitalisasi bisnis perunggasan di Institut Pertanian Bogor (IPB).
 
 
"Alhamdulillah, sidang promosi ini berjalan baik dan lancar. Bersyukur sidang terbuka ini juga dihadiri secara online hampir 250 orang perserta," ungkap Audy senang seusai sidang promosi terbuka, Senin (20/12/2021).


Dijelaskan Audy, adapun latar belakang penulisan disertasi yang dia buat berpijak pada komitmen pemerintah Indonesia untuk mengimplementasikan industri 4.0 sebagai salah satu sektor utama, khususnya industi makanan. Kemudian industri perunggasan penyedia pangan protein hewani terbesar yaitu 86 persen dengan nilai 21 juta dolar US per tahun. Lalu, terkait prediksi peningkatan konsumsi daging unggas pada 2025 sebesar 22,1 persen dan 2024 sebesar 29,3 persen.

 
"Merebaknya Covid-12 selama dua tahun belakang menyebabkan konsumen semakin menaruh perhatian pada asal sumber bahan pangannya. Kemudian perusahaan ekspedisi DOC belum mampu menjamin keaman kualitas DOC yang didistribusikan. Perlu dibangun sebuah sistim yang traceability, transparansi dan fleksibel," terangnya. 


Salah satu metode yang banyak dikembangkan dalam rantai pasok saat ini, integrasi IoT and Blockchain dan memanfaatkan big-data dan artificial intelligent untuk efesiensi operasional logistiknya. Tetapi biaya investasi tinggi.


Adapun tujuan penelitian yang dilakukan orang nomordua di Sumbar itu diantaranya, menganalisa stakeholder dan bisnis proses dalam rantai pasok day old chick (DOC). Mengevaluasi pengaruh transportasi DOC pada durasi perjalanan yang berbeda terhadap kualitas DOC yang diterima peternak (Konsumen). Kemudian, merancang bangun sistim manajemen logistik 4.0 pada bisnis DOC.


Sedangkan manfaat penelitian, sebagai informasi untuk stakeholder yang terlibat dalam bisnis DOC, informasi tentang pengaruh performa DOC terhadap durasi pengangkutan yang berbeda. Dan Informasi tentang perbanding efisien logistik DOC konvesional dengan logistik 4.0. 

 
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy bersama istri dan anak-anaknya

 
 
"Manfaat penelitian secara umum sebagai informasi mengenai pengaruh transportasi terhadap kualitas DOC dan performa pemeliharaannya. Sedangkan bagi perusahaan manfaat penelitian ini sebagai masukan untuk merumuskan strategi pengembangan sistim logistik melalui model yang disusun dan analisis efeisein biaya yang dilakukan. 


Adanya masukan mengenai fitur-fitur yang harus ada dalam logistik 4.0 untuk bisnis DOC untuk meningkatkan efisiensi operasional. Masukan layanan dalam logistik DOC yang mampu melakukan monitoring, tracking dan tracing DOC selama proses logistiknya.

 
"Kita sarankan ke depan ada penelitian lebih lanjut dapat dilakukan pada pengaruh transportasi dengan antar moda baik darat, laut dan udara. Begitu juga dengan pertumbuhan ayam hingga usia panen, yakni 28 hari hingga 42 hari,"urainya.
 

Lokasi penelitian berada di PT. Mega Satwa Perkasa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Penelitian dilakukan sejak Maret 2020 hingga Februari 2021. Alat dan bahan penelitian yang digunakan antara lain adalah bibit ayam broiler (DOC), sensor temperatur, transporter, alat-alat pemelihaaan ayam broiler.


Sementara, Audy Joinaldi berhasil dengan sukses menjawab pertanyaan demi pertanyaan yang dilontarkan tim penguji. Mereka terdiri dari tujuh orang, yakni Prof. Dr. Ir. Luki Abdullah, M.Sc. Agr (Ketua Komisi Pembimbing), 2. Prof. Dr. Ir. Yandra Arkeman, MEng (Anggota Komisi Pembimbing), 3. Dr. Siti Jahroh, BSc, MSc (Anggota Komisi Pembimbing), 4. Dr. Budi Yulianto, SE, M.Si (Penguji Luar Komisi), 5. Dr. Rudi Afnan, S.Pt, MSc.Agr (Penguji Luar Komisi), 6. Prof. Dr. Ir. M. Syamsul Maarif, M.Eng (Ketua Prodi Manajemen dan Bisnis), 7. Dr. Ir. Idqan Fahmi, M.Ec (Pimpinan Sidang)


Gelar baru Audy, melengkapi gelar sebelumnya Ir. Audy Joinaldy, S.Pt., M.Sc., M.M., IPM, ASEAN.Eng.

 
"Terima Kasih pada bapak, ibu, istri, anak-anak dan keluarga besar serta semua pihak yang telah memberikan suport, dukungan selama ini . Semoga semua semangat ini dapat menginspirasi generasi milineal Sumatera Barat untuk terus menambah pengetahuan dalam meningkatkan kapasitas diri dan meningkatkan daya saing untuk menang diera persaingan global saat ini," harapnya.


Sidang promosi terbuka Program Doktor Manajemen Bisnis (S3) Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor atas nama Audy Joinaldy, NIM. K16180034 dari Program Studi Manajemen dan Bisnis, berlangsung dalam waktu 2 jam.


Dalam sidang terbuka yang berlangsung secara virtual turut hadir mantan Menteri Pertanian Siswono, Dubes Myanmar  Iza Fadri, pejabat-peiabat kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Bupati Takelar, para alumni IPB dan keluarga. YL/YS



×
Berita Terbaru Update